Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MANFAAT puasa bagi kesehatan memang telah diakui dunia kedokteran modern. Puasa dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, dan menjaga metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, puasa juga diyakini mampu memelihara kesehatan mental karena melatih manusia untuk melawan hawa nafsu, berserah diri kepada Allah sehingga hati dan pikiran menjadi tenang, bersemangat memperbanyak doa dan amalan, juga bersyukur atas semua rahmat yang diberikan Allah Swt.

Kita tahu bahwa kesehatan adalah sebuah nikmat yang teramat besar namun seringkali diabaikan oleh manusia.

"Sesungguhnya manusia tidak diberi yang lebih baik di dunia daripada keyakinan dan kesehatan, maka mohonlah keduanya kepada Allah SWT." (HR. Ahmad)

Jika kita memperhatikan bagaimana Rasulullah berpuasa, maka puasa yang kita jalankan akan menyehatkan kita. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan manfaat puasa, bukan sekadar merasakan lapar dan dahaga.

Seperti apa puasa menyehatkan yang dilakukan Rasulullah bersama para sahabat?

1# Bulan Ramadhan menjadikan ritme kehidupan Rasulullah menjadi teratur, baik untuk ibadah, beraktifitas, maupun dalam urusan makan.

2# Berbuka dengan satu hingga tujuh butir kurma setelah itu dilanjutkan dengan ibadah.

3# Sahur dan berbuka puasa dengan porsi seadanya tapi kaya kandungan nutrisi.

4# Tidak mubazir dengan makanan dan minuman. Banyak dari kita menyediakan berbagai macam hidangan takjil dan lauk pauk yang justru menjadi berlebihan dan tidak menyehatkan.  

5# Sibuk dengan 10 hari malam terakhir. Mengejar malam lailatul qadr dan memperbanyak istighfar, insya Allah pikiran akan menjadi lebih tenang dan tubuh pun lebih sehat.

Sementara terkait makanan yang dikonsumsi Rasulullah di saat berpuasa, kita bisa mencontoh beliau dari apa yang disampaikan dr. Zaidul Akbar berikut ini.

1# Memperhatikan asupan gizi makanan sahur. Pentingkan protein, jangan hanya memperbanyak karbohirat. Usahakan komposisi makanan kita mengandung 1/3 sayur dan buah, 1/3 biji2an, dan 1/3 protein.

2# Mengurangi makanan yang menimbulkan masalah bagi tubuh dan tidak berguna bagi tubuh karena hanya akan membuat lemas. Jangan terlalu banyak makan makanan manis atau makanan cepat saji.

3# Untuk berbuka puasa, cobalah mengonsumsi buah-buahan juga teh yang mengandung rempah. Setelah selesai tarawih, cobalah makanan sehat seperti sayur yang dikukus dan dan kacang-kacangan.

Semoga puasa kita menyehatkan hingga memudahkan kita meraih tujuan puasa yaitu takwa.

 

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur