KOMENTAR

WANITA Indonesia semakin berkibar di dunia. Tak hanya kecantikannya, kepiawaian dan kecerdasannya dalam berbagai bidang, diakui mancanegara. 

Salah satu yang mengakui dan menghargai peran aktif wanita Indonesia adalah Mattel. Baru-baru ini, perusahaan yang membuat boneka Barbie itu memberikan penghargaan dan penghormatan luar biasa kepada perempuan Indonesia, Butet Manurung. 

Butet menjadi wanita kedua yang dibuatkan boneka oleh Barbie setelah Anne Avantie. Ia adalah aktivis pendidikan sekaligus pendiri Sokola Rimba, dan menjadi salah satu dari 12 perempuan dari seluruh dunia yang terpilih masuk dalam daftar Barbie Role Model 2022 dalam rangka memperingati Women's Day, 8 Maret 2022.

Boneka Butet terlihat sangat menonjol ketika disandingkan dengan Shonda Rhimes, produser serial "Grey's Anatomy" dari AS, make up artis ternama sekaligus pengusaha kosmetik Pat McGrath dari Inggris, dan deaainer China Lan Yu. 

Mengapa demikian? Karena boneka Butet mengenakan busana etnik dengan atasan berbentuk kain batik bernuansa merah yang dililitkan, berikut kain jarit hitam sebagai bawahan. Tidak ketinggalan kalung dari biji-bijian menyempurnakan penampilan bonekanya. 

Sementara boneka lain mengenakan pakaian modern. 

"Harapan saya, para wanita muda dapat memiliki keyakinan bahwa kalian dapat menjadi apapun seperti yang kalian impikan," kata pemilik nama lengkap Saur Marlina Manurung dalam akun Instagram pribadinya.

Profil Butet Manurung

Butet lahir di Jakarta pada 21 Februari 1972. Ia mendirikan Sokola Rimba pada 2003 bersama Aditya Dipta Anindita, Dodi Rokhdian, dan Oceu Apristawijaya. Sokola Rimba mendidik masyarakat adat dan suku terpencil di Indonesia. 

Prestasi besar yang diraih alumnus Universitas Padjajadan Bandung ini adalah:

1. Heroes of Asia (Time, 2004) 

2. Ramon Magsaysay Award (Rockefeller Brothee Fund) dan Pemerintah Filipina (2006) 

3. Barbie Role Model (Mattel, 2022) 

Sokola Rimba pun pernah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Riri Riza dengan produser Mira Lesmana. Tokoh Butet Manurung diperankan oleh Prisia Nasution.

"Ketika kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersekongkol membantumu untuk pencapaian itu," tulis Butet, mengutip perkataan penulis asal Brasil, Paulo Coelho.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women