post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PENYEBARAN virus Corona varian Omicron sangat cepat. Sampai saat ini, cara yang paling tepat untuk mencegah penularan adalah penggunaan masker yang tepat.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), tidak sembarang masker bisa mencegah penularan Omicron.

"Bayangkan saja, per hari tercatat ada 1,4 juta kasus yang muncul. Varian ini sangat menular dan bisa dikatakan menjadi patogen paling menular di bumi," kata Direktur Pusat WHO untuk Hukum Kesehatan Global Prof Lawrence Gostin, Kamis (13/1).

Menurut Gostin, masker kain dan masker bedah biasa tidak mampu melindungi seseorang dari Omicron. Sebab, menghadapi Delta saja kekuatan masker kain hanya 20-30 persen.

"Bisa dikatakan tidak berguna sekali, terutama melawan patogen aerosol yang terbawa oleh udara. Bahkan masker kain tidak seefektif seperti biasanya," tegas profesor hukum kesehatan global di Universitas Georgetown itu.

Masker yang Terbaik

Untuk menghadapi Omicron, Prof Gostin menyarankan penggunaan masker N95, KN95, atau KF94. Mengapa? Karena masker-masker ini terbuat dari bahan sintetis berlapis-lapis dan mampu menangkap sekitar 95 persen partikel di udara.

"Artinya, jika dipakai dengan benar masker ini dapat memberikan perlindungan yang sangat tinggi terhadap paparan virus Corona," ucap dia.

Jika ketiga jenis masker itu sulit didapat, gunakan masker bedah kelas medis yang lapisannya bukan dari kertas. Syaratnya, masker tersebut harus pas di wajah dan terpasang dengan benar.

"Kualitas masker yang benar, yang kita cari adalah yang memiliki filtrasi dan fit. Karena masker bedah biasanya hanya memiliki satu ukuran, seringkali ada celah di samping yang mengurangi efektifitas masker," kata Sabrina Assoumou, dokter penyakit menular di Boston Medical Center.

Untuk mengatasinya, ikat tali masker dengan simpul untuk memastikan tidak ada celah udara yang masuk.

Masker Ganda Masih Efektif

Sebenarnya, masker ganda atau perpaduan antara masker kain dan masker medis, masih efektif untuk menghadapi varian Omicron. Hanya saja ada batas waktunya, jadi dalam satu hari hanya bisa dipakai maksimal 4 jam. Setelah itu gandi masker ganda Anda dengan yang bersih.

Jadi, ada baiknya ugrade masker Anda dengan masker bedah medis yang layak, yang memiliki lapisan dari bahan sintetis yang tidak dapat ditembus oleh partikel-partikel Omicron.

Yang terbaik adalah memakai masker N95 KN95, atau KF94 yang memiliki bahan penyaring efektif hingga 90 persen.

Close X

Komnas KIPI: Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Anak Cenderung Lebih Rendah Dibandingkan Orang Dewasa

Sebelumnya

LSPR Tanda Tangani MoU, Lanjutkan Kerja sama dengan New York Film Academy

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News