Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEDANG mulai merintis usaha? Terkendala pemasaran sehingga produk yang kamu jual tidak laku di pasaran? Alhasil, bisnis terpaksa gulung tikar lantaran hasil tidak menutupi modal?

Ini artinya Anda perlu banyak belajar mengenai strategi pemasaran yang baik. Padahal, bisnis kuliner adalah usaha yang tidak ada matinya. Sebab, semua manusia pasti membutuhkan makan.

Yuk, catat 9 strategi pemasaran berikut ini. Jika Anda bisa menerapkannya dengan benar, jangan kaget jika kemudian bisnis kulinernya langsung meledak di pasaran.

1. Buat kemasan semenarik mungkin

Kemasan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pembeli. Saat mereka melihat kemasan yang menarik, pembeli akan langsung singgah dan ingin mencicipi rasa dari produk Anda.

Saat ini, anak-anak mudah menjadi target utama penjualan, karena pada tentang usia tersebut mereka senang menjajal berbagai macam rasa makanan.

Jadi penting untuk Anda memilih kemasan yang memiliki warna cerah dan desain modern. Dengan begitu, mereka akan merasa cocok bahwa makanan tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak muda.

2. Buat foto produk yang menarik perhatian

Apa itu foto produk yang menarik perhatian? Yaitu gambar yang bagus dengan tagline yang menggoda serta copy writing yang menarik.

Karena itu, gunakan kamera yang bagus. Atau jika perlu, gunakan tenaga profesional untuk mengambil engle foto yang semenarik mungkin.

3. Seriuslah membuat website

Saat ini zamannya penjualan online. Apapun produk yang ditawarkan, sepertinya belum afdol jika tidak dibuatkan websitenya. Apalagi jika Anda menginginkan pasar yang luas.

Website itu bisa kita ibaratkan sebagai rumah dan media sosial adalah stand promosi produk. Pakai website tersebut untuk mengunggah berbagai informasi tentang produk Anda.

Buat website itu semenarik mungkin, karenan tampilan yang bagus juga menjadi modal bagi pembeli untuk mengunjungi produk Anda.

4. Jangan hanya offline, pasarkan lewat medsos

Saat ini, berjualan secara offline hanya bisa menjangkau lingkungan pasar yang kecil. Berbeda jika kita memanfaatkan berbagai media sosial, siapa saja bisa melihatnya.

Hal utama adalah orang tahu bahwa Anda sedang berjualan. Nah, medsos bisa dijadikan sebagai ajang promosi gratis. Sampaikan pesan di berbagai grup Whatsapp, Instagram, Facebook, dan akun medsos Anda yang lain.

Sekali lagi, buat tampilan yang menarik dengan foto-foto produk yang terbaik.

5. Kerjasama dengan ojol atau media pengantar online lain

Untuk memperluas jangkauan dan mempermudah distribusi, buat kerjasama dengan media pengantar online atau ojek online. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kerjasama itu, salah satunya kita tidak perlu memiliki ruko atau toko yang besar.

6. Endorse orang-orang terkenal

Nah, strategi selanjutnya adalah meng-endorse seperti selebgram atau selebriti. Berikan produk terbaik dengan cita rasa maksimal yang Anda miliki.

Endorse secara berkala, terutama jika ada varian baru yang akan Anda tawarkan. Testimoni dari mereka menjadi senjata ampuh untuk Anda mengembangkan usaha.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family