post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BANGUN tidur badan terasa pegal, sendi-sendi tangan dan kaki pun kaku. Tanpa sadar, untuk memulihkannya kita menggelengkan kepala, memutar badan, atau tangan hingga berbunyi, krek.

Lama kelamaan, hal itu menjadi kebiasaan dan akhirnya kita kecanduan untuk membunyikan persendian-persendian lainnya.

Memang untuk sementara waktu, sendi-sendi yang pegal menjadi pulih kembali. Tapi tahu tidak, kecanduan ini sangat berbahaya.

Sendi Berbunyi Sama Dengan Rongga Sendi Runtuh

Persendian yang bisa dibunyikan bernama sendi synovial. Sendi-sendi ini dikelilingi oleh kapsul yang berisi cairan pelumas yang berasal dari nitrogen.

Ketika seseorang menarik atau menekannya, kapsul tersebut meregang dan mengurangi tekanan yang ada di dalamnya. Nitrogen kemudia. Membentuk gelembung yang secara cepat meletus. Nah, suara letusan itulah yang kita dengar.

Mengutip Nature, suara yang dihasilkan sebenarnya juga berasal dari runtuhnya sebagian rongga persendian. Rongga tersebut akan kembali terbentuk setelah 20 menit. Ini jawaban mengapa persendian yang sudah dibunyikan tidak bisa berbunyi lagi sesaat setelahnya.

Bahaya Membunyikan Persendian

Umumnya, membunyikan persendian dengan benar tidak menimbulkan rasa sakit atau menyebabkan pembengkakan. Namun, jika 2 hal itu terjadi, maka kemungkinan ada jari yang keluar dari sendinya atau ligamen yang terganggu.

Jika dibiarkan, maka 2 hal ini akan terjadi :

1. Radang sendi/artritis

Peradangan atau inflamasi pada sendi dapat menyebabkan bengkak, perasaan tidak nyaman, dan mengganggu aktivitas. Jika sudah begini, sebaiknya pergi ke ahli medis agar kelainan yang terjadi tidak bertambah parah.

2. Asam urat

Kebiasaan membunyikan persendian akan memunculkan penyakit asam urat. Sebab kandungan nitrogen yang ada antara sendi keluar, sehingga zat purin masuk dan membentuk kristal padat. Akhirnya, sendi-sendi menjadi rusak.

Sendi yang rusak mungkin saja terjadi secara permanen. Bisa jadi kamu mungkin membutuhkan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

Ubah Kebiasaan dengan Olahraga

Kalau sudah menjadi kebiasaan, memang akan sulit dihentikan. Namun, kami bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengubah kebiasaan tersebut.

• olahraga
• meditasi
• latihan pernapasan
• gunakan stress ball, batu, atau squishy.

Waspada, setiap kali kami membunyika. Persendian, maka akan ada rasa tidak nyaman. Jika sudah demikian, hentikan pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    

Close X

Kenali Henti Jantung, Penyebab Kematian Putri Nurul Arifin

Sebelumnya

Terinfeksi Omicron? dr Tirta: Jangan Panik, Cukup Istirahat 5 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health