post image
Kolagen adalah protein yang memiliki peran sangat penting dalam proses regenerasi kulit serta menjaganya tetap elastis dan terhidrasi/ Net
KOMENTAR

SAAT ini, banyak wanita yang wajahnya tampak jauh lebih tua dari usianya. Penyebabnya bisa jadi karena stres berlebih atau terlalu banyak menggunakan make up, sehingga produksi kolagen berkurang.

Kolagen adalah protein yang memiliki peran sangat penting dalam proses regenerasi kulit serta menjaganya tetap elastis dan terhidrasi. Kolagen ada pada kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen manusia.

Ada beberapa hal yang menyebabkan produksi kolagen berkurang dan berakibat pada penuaan dini.

1. Paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa memecah kolagen dan merusak serat elastin yang terletak di lapisan kulit paling dalam yang dikenal dengan dermis. Akibatnya, kulit kehilangan kelenturannya sehingga terlihat kendur dan keriput sebelum waktunya.

2. Kebiasaan merokok

Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit, sehingga kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting lainnya. Bahan kimia dalam rokok juga tak kalah hebatnya merusak kolagen dan elastin.

3. Kurang tidur

Kualitas tidur yang buruk dapat mempercepat penuaan dini dan membuat kulit tampak kusam. Sebab, kekebalan tubuh menurun sehingga merusak kolagen pada kulit.

4. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Makanan manis mampu menghambat kolagen untuk memperbaiki dirinya sendiri.

5. Bertambahnya usia

Tanpa disadari, kebiasaan berekspresi juga mempercepat penuaan dini. Misalnya sering menyipitkan mata atau tersenyum, akan memunculkan garis-garis halus di wajah.

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit berkurang. Sehingga garis-garis halus dan kerutan yang tercipta dari ekspresi wajah, sulit dihilangkan.

Cara Memperkaya Produksi Kolagen

Untuk membuat kulit tetap kencang, otomatis produksi kolagen harus terus dijaga. Berikut ini ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas kolagen, agar kulit tampak awet muda.

1. Konsumsi makanan sumber kolagen

Apa saja makanan yang mengandung kolagen? Yaitu makanan yang banyak terdapat asam aminonya. Seperti susu, daging, telur, dan makanan laut.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan yang membantu memperkaya produksi kolagen:

- Kaldu Tulang.
Mind Body Green menulis, gelatin yang terkandung pada kaldu tulang bisa memperbaiki saluran pencernaan, sehingga mencegah inflamasi dan penuaan dini.

- Kedelai.
Susu kedelai dan keju mengandung genistein, elemen yang menjadi sumber kolagen dan membantu menghambat enzim yang mudah hancur dan membuat kulit cepat tua.

- Sayuran hijau gelap.
Bayam, kubis dan kale bisa dimasukkan dalam menu makanan Anda jika ingin tetap awet muda. Sebab ketiga makanan tersebut mengandung antioksidan yang disebut Lutein.

Berdasarkan studi di Prancis, konsumsi 10 gram bayam mampu melawan keriput dan membantu elastisitas kulit serta menjaganya tetap terhidrasi.

Rutin mengonsumsi sayuran hijau gelap membantu tubuh lebih mudah memproduksi kolagen.

Close X

Kenali Henti Jantung, Penyebab Kematian Putri Nurul Arifin

Sebelumnya

Terinfeksi Omicron? dr Tirta: Jangan Panik, Cukup Istirahat 5 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health