post image
Arzeti Bilbina/ Foto: Istimewa/ Busana: Kursien Karzai
KOMENTAR

MENJALANI kesibukan sebagai anggota Komisi IX DPR RI, keseharian Arzeti Bilbina, S. E., M.AP tak lepas dari rapat internal DPR maupun rapat koordinasi dengan pemerintah serta kunjungan ke berbagai instansi dan daerah pemilihan. Menangani bidang kesehatan dan ketenagakerjaan, tugas Arzeti sangat dekat dengan kehidupan rakyat hingga ke pelosok Nusantara.

Pandemi sekalipun, tugas sebagai wakil rakyat tetap dilaksanakannya sebaik mungkin. "Masya Allah, Allah punya rencana tentang semua hal (pandemi) dan insya Allah ada ilmu yang bisa kita dapatkan dari pandemi. Yang harus kita perhatikan salah satunya adalah kebiasaan hidup sehat. Ini menjadi satu ilmu yang luar biasa bagi kita di tengah pandemi," ujar Arzeti saat ditanya tentang hikmah pandemi.

Dan tak hanya berusaha sebaik mungkin menjalankan amanah sebagai anggota dewan, Arzeti tak melupakan perannya di rumah sebagai istri dan ibu. Terlebih lagi ketika anak-anaknya beranjak remaja, konsep pengasuhan anak menjadi krusial agar bonding ibu-anak terjaga baik di tengah kesibukan mereka masing-masing.

Menurut model senior itu, dalam rumah tangga harus ada konsep, harus ada aturan, dan semua itu harus ditaati bersama-sama. "Tentang konsep parenting di rumah, jika kita bicara tentang rumah, maka ada yang namanya aturan. Aturan inilah yang harus kita jalankan dengan istiqamah. Pada saat aturan itu dilanggar, biasanya ada rasa bersalah yang singgah di hati kita."

Ia pun menyadari bahwa pandemi telah mengubah kondisi pendidikan di Tanah Air. Banyak orangtua, khususnya para ibu merasakan kegundahan dengan panjangnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) demi menjaga anak-anak dari paparan Covid-19. Mau tidak mau, kondisi tersebut memengaruhi semangat belajar anak-anak.

Terlebih lagi tantangan intensitas bermain gawai dan internet selama berada di rumah. "Dalam Al-Qur'an, dunia online dan internet itu diibaratkan sarang laba-laba, yang bisa menjerat manusia. Menurut Al-Qur'an, menuntut ilmu itu lebih baik dengan tatap muka. Mudah-mudahan dengan pandemi di Tanah Air yang mulai teratasi, kegiatan belajar mengajar di sekolah insya Allah bisa berjalan baik seperti sebelum datangnya pandemi. Bismillah," ujar Arzeti kepada Farah.id.

Bersyukur atas nikmat sehat, keluarga, dan aktualisasi diri yang berjalan baik, Arzeti juga tak melupakan indahnya silaturahmi dengan sahabat-sahabat seperti Mayangsari, Hana Fadel Muhammad, dan Lucky Resha. Melepas rindu setelah sekian lama tak bertemu, mereka pun banyak berbagi kisah penuh makna. "Persahabatan yang bukanlah sebuah kesempatan melainkan sebuah tanggung jawab yang manis," tulis Arzeti tentang indahnya persahabatan mereka.

Close X

Kartini Muljadi, Srikandi Hukum yang Jadi Perempuan Terkaya di Indonesia berkat Bisnis Farmasi

Sebelumnya

Erin Brockovich, Perempuan Tangguh di balik Gugatan Publik 4,7 Triliun Rupiah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women