Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KABAR baik untuk para orangtua yang memiliki anak di bawah 12 tahun. Setelah cukup lama ditunggu, hasil uji klinis vaksin Covid-19 Pfizer terhadap anak usia 5 sampai 11 tahun di Amerika Serikat (AS) menunjukkan kemanjuran 90,7 persen.

Dalam dokumen yang diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), perusahaan farmasi itu mengungkap, 16 anak yang menerima plasebo terpapar Covid-19, dibandingkan hanya 3 anak yang mendapatkan vaksin.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/10/2021), karena jumlah relawan yang diberi vaksin dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan penerima plasebo dalam uji coba melibatkan total 2.268 peserta, maka hasil kemanjurannya setara dengan 90 persen.

Dijelaskan pula, sebenarnya uji klinis Pfizer pada anak usia 5 hingga 11 tahun tak dirancang khusus untuk mengukur kemanjuran melawan virus corona.

Sebaliknya, perusahaan membandingkan jumlah antibodi penetral yang diinduksi oleh vaksin ke tubuh anak-anak dibandingkan respons penerima dari kalangan berusia lebih tua dalam uji coba yang ditujukan pada orang dewasa.

Dan hasilnya, Pfizer dan mitranya BioNTech bulan lalu menyatakan produk mereka menginduksi respons kekebalan yang kuat pada anak-anak.

 




ASEPHI Tegaskan Komitmen Dukung Pemerintah Tutup Social Commerce

Sebelumnya

Makin Nyaman! PT. KAI Luncurkan Kereta Ekonomi New Generation

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News