post image
Syahrozad Zalfa Nadia/ Net
KOMENTAR

TAK hanya paras ayu yang membuat siapa saja terpukau. Ternyata, sederet prestasi yang dibuatnya pun tidak henti-hentinya membuat banyak orang terkagum.

Syahrozad Zalfa Nadia, putri pasangan Sidik Sisdiyanto dan Himatul Laily Waisnaini, baru-baru ini berhasil merancang sebuah robot pendeteksi dini Covid-19 yang diberi nama "Amanum Cordet" atau Amanul Ummah Corona Detected.

"Di awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan wabah penyakit baru, Corona. Sebagai bentuk penanganan, pemerintah tidak henti-hentinya mensosialisasikan penerapan hidup sehat dengan kegiatan 5M. Dari situlah kami mencoba membuat prototipe alat deteksi dini untuk melihat apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak," kata Oca, sapaan akrab Syahrozad, mengutip akun Instagramnya.

Dalam pembuatan Amanum Cordet, santri Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur ini bekerja sama dengan tim Andromeda Robotiknya, Muhammad Qaishar Fathin.

Amanum Cordet berhasil mendapat apresiasi tinggi dari Menter Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Disebutkan Yaqut, dua santri ini sudah 10 kali berprestasi di kompetisi robotik internasional.

"Karya keren dari santri Amanatul Ummah yang sudah 10 kali berprestasi di kompetisi robot internasional, robot deteksi dini Covid-19 berbasis IOT," tulis Menteri Agama di laman media sosialnya.

Penasaran, Farah.id pun menelusuri jejak prestasi Oca di beberapa akun media sosialnya. Ternyata, prestasinya sangat luar biasa.

Di salah satu postingannya, tampak Syahrozad berpose di depan rak yang tersusun rapi piala-piala hasil prestasinya selama ini. Di bionya juga tertulis 72 ikon prestasi Indonesia bidang sains dan teknologi 2017, 14 ikon prestasi ELC 2021, robotika, dan seorang atlet taekwondo.

Berikut beberapa prestasi Syahrozad di bidang robotika:

1. Medali emas Madrasah Robotic Competition kategori Amphibious Solar Vehicle.

2. Juara 2 Wonderful Indonesia Robot Challenge kategori Robot Sumo.

3. Medali emas Asian Robotic Day kategori Amphibious Solar Vehicle.

4. Best Design Petrosains RBTX Challenge Malaysia kategori ASV.

5. Medali emas International Islamic School Robot Olimpyad Jepang, kategori Maze Solving.

6. Medali emas International Youth Robot Competition, Korea Selatan, kategori Coding Mission.

Tidak hanya bidang robotik, sebagai atlet taekwondo pun Syahrozad berhasil menggondol beberapa medali. Ia juga pernah mengisi podcast pada hari Anak Nasional 2021 bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Sungguh prestasi yang sangat membanggakan.

Close X

Kartini Muljadi, Srikandi Hukum yang Jadi Perempuan Terkaya di Indonesia berkat Bisnis Farmasi

Sebelumnya

Erin Brockovich, Perempuan Tangguh di balik Gugatan Publik 4,7 Triliun Rupiah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women