post image
Vaksin Covid-19 memberikan perlindungan pada tubuh seumpama cara kerja sabuk pengaman pada mobil/Net
KOMENTAR

DI TENGAH kampanye vaksinasi Covid-19 global, tidak sedikit masyarakat yang masih ragu untuk menerima vaksin. 

Karena itulah, ada baiknya kita memahami lebih dalam mengenai cara kerja vaksin Covid-19 dalam tubuh kita.  

Ada artikel menarik yang dipublikasikan di situs resmi Northeast Georgia Health System yang menganalogikan vaksin Covid-19 dengan sabuk pengaman di dalam mobil, berjudul "How is the COVID-19 Vaccine like a Seatbelt?".

Untuk memahami dengan sederhana bagaimana vaksin Covid-19 memberikan perlindungan bagi tubuh, kita dapat menganggapnya bekerja dengan cara yang sama seperti sabuk pengaman melindungi penumpang yang berkendara bersama di dalam mobil. 

Analogi ini bukan analogi baru sebenarnya, namun artikel tersebut membeberkan enam tanya jawab (Q&A) singkat terkait analogi tersebut. 

Apakah sabuk pengaman mencegah Anda dari bahaya?

Tidak, memakai sabuk pengaman tidak mencegah kecelakaan. Dengan cara yang sama, mendapatkan vaksinasi tidak mencegah Anda terinfeksi (Covid-19).

Jika Anda mengalami kecelakaan mobil, apakah mengenakan sabuk pengaman mengurangi tingkat keparahan?

Ya, jika Anda mengalami kecelakaan, sabuk pengaman Anda akan mengurangi kemungkinan cedera parah. Demikian pula, vaksin Covid-19 melindungi Anda dari gejala virus yang lebih parah.

Apakah dengan memakai sabuk pengaman berarti Anda dapat mengemudi dengan sembrono?

Tidak, saat Anda mengenakan sabuk pengaman, Anda tetap mengikuti tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. 

Mendapatkan vaksinasi juga tidak berarti Anda dapat berhenti memakai masker dan menjaga jarak.

Apakah memakai sabuk pengaman berarti Anda tidak akan melukai orang lain?

Tidak, saat Anda mengalami kecelakaan mobil, orang lain juga bisa terpengaruh. Kadang-kadang kecelakaan dapat mempengaruhi orang lain lebih parah daripada itu mempengaruhi Anda. 

Bahkan setelah menerima vaksin, Anda masih dapat menulari orang lain, dan bisa jadi orang lain akan lebih terpengaruh oleh virus daripada Anda.

Bisakah Anda mendapatkan cedera akibat sabuk pengaman saat mengalami kecelakaan?

Ya, cedera sabuk pengaman mungkin terjadi. Vaksin Covid-19 juga mungkin memiliki efek samping minimal awal saat tubuh Anda menggunakan vaksin untuk membangun kekebalan terhadap virus.

Haruskah Anda tetap memakai sabuk pengaman?

Ya, Anda harus selalu mengenakan sabuk pengaman untuk melindungi diri. Dengan cara yang sama, dapatkan vaksinasi untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Close X

Apakah Vaksin Covid-19 di Indonesia Dapat Melindungi Orang Dengan Komorbid?

Sebelumnya

Kemenkes Ungkap Kecenderungan Varian Delta Banyak Ditularkan Pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health