Ilustrasi suntik vaksin/ Net
Ilustrasi suntik vaksin/ Net
KOMENTAR

CENTERS for Disease Control and Prevention (CDC) merevisi pedoman pemakaian masker bagi warga Amerika Serikat yang telah menerima vaksin dosis penuh. Peraturan terbaru CDC menyebutkan bahwa orang yang telah sudah dua kali divaksinasi tidak perlu menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan, dilansir Healthline (27/04/2021).

Otoritas kesehatan AS tersebut mengumumkan bahwa aktivitas luar ruangan yang tidak membutuhkan masker seperti jalan kaki, exercise, bersosialisasi, juga makan bersama teman di tempat terbuka.

Menuju Kondisi Normal

Dr. Eric Cioe-Pena, direktur urusan kesehatan global di Northwell Health, New York mengatakan bahwa aktivitas outdoor merupakan lingkungan yang sangat aman. Hanya ada sedikit sekali bukti tentang penyebaran virus, baik itu saat menggunakan masker atau tidak.

Dr. Pena menambahkan bahwa ia menyambut baik panduan resmi yang dikeluarkan CDC sambil tetap mengingatkan bahwa anjuran tersebut bukanlah suatu hal baku, melainkan tetap mengedepankan sains dan pemahaman yang terus berkembang seputar Covid-19.

Untuk memilih aktivitas yang sifatnya 'lebih aman', CDC mengimbau masyarakat untuk memertimbangkan bagaimana Covid-19 menyebar di lingkungan mereka, berapa banyak warga yang berpartisipasi dalam sebuah kegiatan, dan lokasinya.

Pedoman CDC menyebutkan bahwa mengunjungi dan berkegiatan di luar ruangan lebih aman dibandingkan dengan aktivitas dalam ruangan. Dan penerima dua vaksin penuh dapat berpartisipasi dalam banyak kegiatan dalam ruangan dengan aman tanpa banyak risiko.

Menurut CDC, seseorang bisa disebut 'fully vaccinated' dua minggu setelah menerima dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech atau dua minggu setelah menerima dosis tunggal vaksin Jhonson & Jhonson.

Keputusan Berbasis Sains

Para ahli mengatakan bahwa keputusan yang diambil CDC tentang penggunaan masker luar ruangan itu berbasis sains. Meski demikian masyarakat diimbau tetap mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, dan memahami risiko menghirup partikel virus yang lebih rentan di dalam ruangan.

Peraturan baru tersebut juga memuat peringatan berikut ini: masker tetap dianjurkan untuk dipakai saat menghadiri acara luar ruangan yang melibatkan kerumunan.

CDC tidak mendefinisikan secara detail jumlah orang yang bisa dianggap sebagai kerumunan. Namun CDC mendeskripsikan bahwa yang disebut sebagai "large gathering" adalah berkumpulnya banyak orang dari rumah tangga/ keluarga yang berbeda-beda dalam sebuah tempat pribadi maupun tempat umum.

CDC juga menganjurkan mereka yang sudah divaksinasi maupun yang belum divaksinasi untuk tetap menggunakan masker dalam ruang publik indoor seperti mal, bioskop, atau museum.

Hal senada diungkapkan Dr. Robert Glatter, seorang dokter gawat darurat di RS Lenox Hill, New York. "Ada sebuah aturan praktis yaitu jika Anda berada di dalam ruangan, kenakanlah masker dan jagalah jarak minimal 6 kaki (lebih dari 1,8 meter). Dan jika Anda berada di luar ruangan, jagalah jarak minimal 6 kaki sementara masker tidak diperlukan."

Apa Yang Dimaksud 'Safer Activities'?

CDC telah mengeluarkan ketentuan tentang 'aktivitas lebih aman' yang bisa dinikmati oleh mereka yang telah menerima vaksinasi penuh tanpa mengenakan masker.

Di antaranya adalah menghadiri pertemuan kecil luar ruangan yang melibatkan orang yang telah divaksinasi penuh maupun yang belum divaksinasi. Demikian juga berjalan kaki, berlari, atau bersepeda bersama anggota keluarga.

Meski demikian, orang yang sudah menerima vaksinasi penuh tetap harus mengenakan masker saat menghadiri acara luar ruangan yang dipenuhi kerumunan massa seperti pertunjukan live music, parade, atau acara olahraga, juga saat berada dalam sarana transportasi publik dengan kapasitas tempat terbatas.

"Data mengindikasikan bahwa secara mayoritas, SARS-CoV-2 menyebar dalam ruangan dan terjadi transmisi yang sangat kecil di luar ruangan, yang lebih terbatas kepada situasi tertentu," ujar Dr. Glatter.

Dia juga mengatakan bahwa masker harus digunakan dalam kegiatan luar ruangan di mana banyak orang berada dalam jarak berdekatan dan dalam durasi waktu panjang seperti pada acara olahraga, demonstrasi, atau reli.

Menyegerakan Vaksinasi

Dalam konferensi pers (27/04/2021) Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky menyatakan bahwa ia berharap pedoman baru penggunaan masker tersebut akan mendorong lebih banyak warga AS untuk segera divaksinasi, seperti dilaporkan CNBC.

Direktur CDC menekankan bahwa saat ini adalah satu langkah untuk memulai kembali keadaan normal seperti dulu. Jika kita telah divaksinasi penuh, keadaan akan menjadi lebih aman dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapat vaksinasi penuh.

Menyikapi revisi pedoman penggunaan masker yang dipublikasikan CDC, Presiden Joe Biden bersikap lebih hati-hati. "Saya ingin memperjelas: Jika Anda berada dalam kerumunan seperti di dalam stadion atau dalam sebuah konser, Anda masih harus mengenakan masker, sekali pun Anda berada di luar ruangan," tegasnya saat berpidato di Gedung Putih, dilaporkan CNBC.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News