post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

"Dan Tuhanmu berfirman, berdoalah kepada Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu." (QS Ghafir: 60)

DOA adalah hal terpenting bagi setiap umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Rahmat, untuk memohon segala keridhan-Nya, untuk meminta pengampunan dosa. Maka berdoalah dari hal yang paling remeh hingga sangat besar sekalipun.

Apalagi di bulan Ramadhan, tiap detik waktunya berkali-kali lipat pahalanya pun betapa mustajabnya jika berdoa.

Karenanya, yuk ajarkan kepada anak-anak Bunda lima doa besar selama Ramadhan ini.

1. Doa Membangun Masjid

Bunda, mengajarkan doa ini kepada anak bukan sekadar menitipkan khalayan semata. Saat Bunda mengajak anak untuk tarawih di masjid atau mushala, coba tanyakan pendapat anak tentang bagaimana kondisi mushala.

"Nak, bagus tidak masjid/mushalanya? Yuk, doa yuk. Minta kepada Allah semoga satu hari nanti kita bisa membangun masjid untuk umat muslim."

2. Menyantuni Banyak Fakir Miskin

Momentum Ramadan biasanya digunakan fakir miskin untuk mendapatkan rezeki. Tidak sedikit dari mereka yang berbaris (pemandangan ini biasanya kita lihat di pemakaman) untuk memohon diberikan sebagian rezeki dari yang datang.

Tanyakan kepada anak, "Nak, senang nggak memberi makan fakir miskin? Yuk, doa yuk. Hari ini mungkin hanya satu kotak makanan, semoga satu hari nanti kita bisa menyantuni banyak sekali orang yang membutuhkan."

3. Beribadah Haji Bersama-sama

Ibadah haji merupakan Rukun Islam yang kelima. Siapa saja yang mampu dan mendapat panggilan dari Allah SWT, wajib untuk menjalankannya.

"Nak, ini apa? Ya betul, Ka'bah. Mau ke sana nggak? Yuk, doa yuk. Minta ke Allah, semoga satu hari nanti nggak cuma kita sekeluarga yang berangkat haji, tapi bisa ngajak banyak orang juga."

4. Membuat Perpustakaan di Pelosok Negeri

Bunda, penting bagi anak untuk peduli terhadap sesama, terutama pada pendidikan di negeri ini. Karena nyatanya, masih banyak teman-teman mereka yang sulit sekali mendapatkan buku-buku pelajaran.

"Nak, happy ngasih buku ke teman-teman kamu? Yuk, doa yuk. Minta kepada Allah, semoga satu hari nanti kita bisa bangun banyak perpustakaan di pelosok negeri."

5. Sebutkan doa apa saja yang ingin Bunda Ajarkan pada anak. Beri kesempatan kepada mereka, untuk menyebutkan harapan terbaiknya. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi untuk banyak orang.

Mengajarkan anak berdoa, memohon keridhaan Allah Swt. atas semua keinginan dan perlakuannya, insya Allah akan membimbing anak tumbuh dengan rasa empati yang luar biasa.

Close X

Hafal Nomor Telefon Ayah Bunda dan 8 Kemampuan yang Penting Diajarkan Pada Anak Sejak Dini

Sebelumnya

Tergesa-Gesa Salah Satunya, 6 Tipe Orangtua yang Bikin Anak Jadi Keras Kepala

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting