Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

JURU Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa sampai saat ini jumlah total vaksin yang telah diberikan ke penduduk Indonesia mencapai 12,5 juta dosis.

Jumlah tersebut, menurut Siti Nadia, terbilang lebih tinggi dibandingkan angka vaksinasi negara-negara Eropa. Diketahui, data yang dirilis WHO menyebutkan bahwa rata-rata vaksinasi negara Eropa berkisar di bawah 10 persen.

Bahkan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, gerakan antivaksin sudah sejak lama menjadi ancaman dalam bidang kesehatan masyarakat. Kelompok antivaksin tersebut giat menyebarkan hoaks kesehatan untuk menyurutkan niat masyarakat menerima vaksin.

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air adalah masih banyak kelompok usia di atas 60 tahun yang tidak bersedia disuntik. Padahal menurut Siti Nadia, mereka adalah kelompok yang berisiko terhadap kesakitan dan kematian tiga kali lebih tinggi dibandingkan kelompok usia lain. Memberi pemahaman kepada para lansia menjadi tantangan tersendiri.

Dengan banyaknya para pejabat dan influencer yang divaksinasi serta pemberitaan positif di media, diharapkan semakin banyak masyarakat yang menyadari urgensi vaksinasi untuk menciptakan herd immunity dan tidak ragu untuk menerima vaksin.

Namun di tengah geliat vaksinasi yang digalakkan saat ini, pada Minggu (04/04/2021), data Kementerian Kesehatan menunjukkan 427 kasus kematian harian akibat Covid-19. Angka tersebut menjadi angka tertinggi kedua sejak awal terjadi pandemi Covid-19 yaitu476 kasus pada 28 Januari 2021. Total kematian akibat Covid-19 di Indonesia adalah 41.669 kasus.

Menanggapi data Kemenkes yang sempat viral tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa lonjakan angka kematian yang tercatat pada 4 April 2021 berasal dari Provinsi Banten.

Akibat tertundanya proses input data ke dalam sistem Kemenkes selama beberapa hari, terjadi penumpukan data kasus dari Banten. Penumpukan itu juga termasuk jumlah kasus harian di Banten. Data yang diinput tersebut sudah diverifikasi.

Adapun total angka infeksi Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 1.534.255 kasus. Jumlah pasien yang sembuh bertambah 9.663 orang dalam satu hari sehinggal total pasien yang sembuh sejak awal pandemi mencapai 1.375.877 orang.

 




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News