post image
Direktur Jenderal WTO, Ngozi Okonjo-Iweala/ Net
KOMENTAR

SATU perempuan lagi yang namanya tercatat dalam sejarah dunia. Kali ini Ngozi Okonjo-Iweala, ekonom Nigeria-Amerika yang terpilih sebagai Direktur Jenderal WTO sejak Maret 2021. Okonjo-Iweala menjadi perempuan pertama sekaligus orang Afrika pertama yang memegang jabatan tersebut.

Sebelumnya, perempuan lulusan Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology ini lama berkecimpung di World Bank, dua kali menjabat Menteri Keuangan Nigeria, dan pernah pula menjadi Menteri Luar Negeri Nigeria. Perempuan kelahiran 13 Juni 1954 itu bahkan terpilih menjadi Menteri Keuangan Global 2005 versi Euromoney.

Lahir di Nigeria,  ayahnya, Profesor Chukwuka Okonjo, adalah obi (raja) dari keluarga Kerajaan Obahai di Ogwashi-Ukwu, Delta, Nigeria. Okonjo-Iweala datang ke Amerika Serikat saat remaja untuk menimba ilmu di Universitas Harvard dan lulus pada tahun 1976.

Okonjo-Iweala kemudian memperolah gelar PhD bidang ekonomi dan pembangunan regional dari Massachusetts Institute of Technology  pada tahun 1981. Untuk mendukung studi doktoralnya, ia menerima beasiswa internasional dari American Association of University Women.

Selama pandemi Covid-19, Okonjo-Iweala telah menjalankan berbagai misi. Di antaranya, ia ditunjuk Uni Afrika sebagai utusan khusus guna meminta dukungan internasional dalam penanganan dampak ekonomi pandemi di Afrika.

Pada Juni 2020, ia dinominasikan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari untuk menjabat Direktur Jenderal WTO (World Trade Organization). Pencalonan Okonjo-Iweala ini didukung Uni Eropa.

Mendapat banyak dukungan dari berbagai negara di pelosok dunia, Okonjo-Iweala akhirnya terpilih setelah pesaingnya, Menteri Perdagangan Republik Korea Yoo Myung-hee menarik pencalonannya, yang dikaitkan dengan dukungan Amerika Serikat terhadap Okonjo-Iweala. Ia diangkat sebagai Direktur Jenderal pada 15 Februari 2021.

Di awal tahun 2021, Okonjo-Iweala bersama Tharman Shanmugaratnam dan Lawrence Summers ditunjuk sebagai Ketua Bersama dari High Level Independent Panel (HLIP) yang dibentuk G20 untuk mendanai kepentingan global terkait kesiapsiagaan dan respons pandemi Covid-19.

Okonjo-Iweala menikah dengan Ikeba Iweala, seorang dokter, dan memiliki 4 anak, salah satunya adalah penulis buku Beasts of No Nation, Uzodinma Iweala.

Okonjo-Iweala mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat pada tahun 2019 setelah belajar dan bekerja di Negara Paman Sam selama beberapa dekade.

Dihimpun dari berbagai sumber

 

 

 

Close X

Kalahkan 4300 Pelamar, Nora al-Matrooshi Jadi Calon Astronot Perempuan Arab Pertama di Uni Emirat Arab

Sebelumnya

Lanjutkan Karier Sebagai Pengajar Tetap, Jill Biden Dobrak Tradisi Ibu Negara AS

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Women