post image
Keluarga Syahnaz Sadiqah/ Net
KOMENTAR

BEBERAPA waktu lalu, keluarga Syahnaz Sadiqah sempat terpapar Covid-19. Klaster keluarga muncul di keluarga kecil adik Raffi Ahmad ini dimulai dari Syahnaz yang dinyatakan positif terinfeksi. Dan beberapa hari kemudian, virus Corona menginfeksi kedua balita kembarnya, Zayn dan Zunaira.

Syahnaz dan suami, Ritchie Ismail, tentu saja panik, mengingat anak kembarnya belum genap satu tahun. Mereka langsung menghubungi dokter untuk menanyakan pengobatannya.

"Aku nangis telepon dokter, terus disuruh tenang. Soalnya posisi aku waktu itu juga sedang isolasi mandiri. Dokter bilang, anak itu lebih cepat penyembuhan dan pembuatan antibodi ya. Terus diresepin beberapa vitamin," cerita Syahnaz di YouTube channel Jeje & Nanas Channel.

Obat-obatan yang diresepkan itu, diungkap Nanas, adalah parasetamol untuk penurun panas dan obat flu serta beberapa vitamin seperti imunped zinc.

"Aku cukup khawatir, tapi agak tenang karena melihat kedua anakku baik-baik saja. Paling Zayn, kayaknya matanya kelihatan sakit dan lemas. Cuma sudah beberapa hari kayak normal lagi," ujar Nanas.

Dari pengalamannya Nanas berpesan, untuk Bunda aga tidak stres karena itu memengaruhi sistem imunitas tubuh.

"Kalau mama stres, nanti cepat drop lagi. Asal anaknya enggak kenapa-kenapa, ya Insya Allah enggak apa-apa," sarannya.

Mengapa Balita Lebih Cepat Pulih?

Mengutip Healthline, bayi baru lahir dan bayi di bawah usia 1 tahun dengan Covid-19, biasanya memiliki gejala ringan. Virus juga tampaknya luar dari sistem mereka lebih cepat. Kebanyakan dinyatakan negatif pada hari keenam.

Dengan cara yang sama, kebanyakan anak dengan Covid-19 menjadi lebih baik dalam satu atau dua minggu. Namun bisa lebih serius pada bayi dan anak-anak dengan penyakit penyerta. Bahkan beberapa memerlukan ventilator untuk membantu bernapas.

Apa yang Harus Bunda Lakukan?

Jika bayi atau anak mengalami gejala Covid-19, tidak harus pergi ke rumah sakit. Lakukan isolasi mandiri di rumah bersama Bunda.

Pastikan anak dikarantina di kamar tidur. Jauhkan dari anggota keluarga lain selama 2 minggu. Jika anak berusia di atas 2 tahun, pastikan mereka mengenakan masker saat berada di sekitar orang lain.

Kenakan masker dan sarung tangan saat Bunda berada di sekitar mereka. Sering-seringlah mencuci tangan dan minta anak melakukan hal yang sama, meskipun mereka sudah merasa lebih baik.

Close X

Kisah Haru Idul Fitri Pertama 2 Artis Mualaf: Berbagi Rasa Syukur & Islah Keluarga

Sebelumnya

Penggemar BTS & Blackpink Indonesia Ajukan Petisi Peduli Bumi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA