Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

WAKTU yang tepat melakukan tes Covid-19 sangatlah penting, karena akan memengaruhi akurasi hasil tes. Kapan tes Covid-19 akan menunjukkan hasil positif? Dan juga kapan kita melakukan tes setelah terpapar virus Corona?

Jadi, jika tes dilakukan terlalu cepat setelah kontak, kemungkinan virus masih terlalu sedikit untuk dideteksi dan menghasilkan false negative.

Sampai saat ini, PCR masih menjadi Gold Standard diagnosis covid-19 karena sensitivitas dan efektivitasnya yang paling tinggi. Namun perlu diketahui bahwa akurasinya akan berkurang jika tes dilakukan terlalu cepat (1-3 hari setelah kontak).

Jadi waktu yang tepat untuk melakukan tes PCR adalah lebih dari 3 hari setelah terpapar. Dengan begitu, tes dapat menunjukkan hasil positif meskipun pasien tidak lagi infeksius.

Bagaimana dengan rapid tes antigen yang hanya dapat mendeteksi virus saat jumlahnya sangat tinggi dan kemungkinan tidak dapat mendeteksi pasien tanpa gejala dengan jumlah virus yang rendah?

Waktu yang tepat sebenarnya adalah setelah lebih dari 8 hari terpapar atau saat gejala awal muncul. Dengan begitu, alat tes dapat mendeteksi partikel protein virus. Hasil positif akan keluar ketika pasien menunjukkan gejala yang nyata dan hasil negatif muncul.ketika pasien dalam keadaan sudah tidak terinfeksi.

Untuk tes antibodi, baik rapid maupun serologi, adalah 3 sampai 4 minggu usai terpapar. Pada waktu itu, alat akan mendeteksi sistem reaksi imun terhadap virus dan tidak efektif jika digunakan pada fase awal infeksi. Tes ini tidak dapat mendeteksi ada atau tidaknya virus di dalam tubuh.

Nah, tes apapun yang dipilih, pertimbangkanlah waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selalu ingat untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah kontak dekat dengan pasien, setelah bepergian ke luar daerah atau ke luar negeri, atau merasakan gejala.

 




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health