post image
ARTIS Atiqah Hasiholan dan hobi barunya selama pandemi/ Foto: IG@atiqahhasiholan
KOMENTAR

ARTIS Atiqah Hasiholan punya hobi baru selama pandemi. Bukan sekadar mengoleksi aneka tanaman hias yang sedang hits, istri Rio Dewanto itu memilih untuk menanam sayur-sayuran dengan sistem hidroponik.

Di laman Instagramnya @atiqahhasiholan, Atiqah kerap membagikan suka citanya saat panen sayuran.

Menurut Atiqah, ia telah belajar bertanam hidroponik sebelum akhirnya memutuskan untuk belajar memproduksi sendiri nutrisi yang dibutuhkan keluarga kecilnya. Selama beberapa bulan dilalui #dirumahaja akibat pandemi, Atiqah sudah berhasil panen beberapa sayuran.

Atiqah juga memasang tagar #tanamuntukmakan pada unggahannya seputar nutrisi hidroponik organik yang ia tekuni saat ini. Apa saja sayur-sayuran segar yang ada di 'kebun' Atiqah?

Di antara sayuran yang sudah pernah ia panen adalah bok choy, bayam, daun ki urat atau daun sendok, arugula, dan kale. From our garden to our table merupakan cara Atiqah peduli nutrisi keluarga, mengkampanyekan pola hidup sehat, sekaligus membantu menciptakan lingkungan sehat dengan mengurangi pemakaian bahan kimia.

Berikut manfaat beberapa sayuran yang ada di rumah Atiqah.

Bok choy atau pok choi, sayuran asal China yang sudah dipakai untuk pengobatan herbal sejak abad ke-5. Banyak sekali manfaat bok choy, mulai dari mengatasi anemia hingga mengurangi gejala diabetes, juga batuk dan demam. Termasuk juga menjaga kesehatan tulang, mengurangi tekanan darah, serta menangkal radikal bebas. Teksturnya yang renyah juga membuat bok choy banyak dijadikan camilan sehat.

Selanjutnya ada daun ki urat alias daun sendok. Menurut Atiqah, daun ki pahit bisa dijadikan sebagai nutrisi organik. Mudah dipelihara namun memerlukan kesabaran. Mengandung banyak vitamin A, C, dan K, daun ini cocok dijadikan lalapan maupun sayur rebusan. Daun sendok juga dapat menjaga imunitas tubuh, daun tumbuknya juga dapat mengatasi gatal dan bisul.

Yang ketiga ada arugula, yang menjadi salah satu favorit Atiqah. Menurut Atiqah, rasanya enak, sedikit pedas, dan nutrisinya sangat kaya. Bentuknya mirip kangkung dan bayam. Arugula yang disebut selada Italia atau rocket salad ini banyak digunakan dalam masakan barat seperti salad atau topping pizza.

Terakhir adalah kale, yang memang dikenal karena sarat nutrisi. Tanaman ini mudah ditanam meskipun harus menunggu waktu cukup lama untuk bisa dipanen. Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, Atiqah memilih menikmati kale dalam salad. Karena agak pahit, Atiqah memotongnya kecil-kecil lalu dicampur minyak zaitun dan lemon sambil ditekan-tekan dengan tangan. "Tapi kalau mau ditumis ala kangkung atau dipanggang jadi chips juga enak," tulis Atiqah.

 

Close X

Dewi Perssik Donor Plasma, Berbagi Kasih, Berbagi Cinta

Sebelumnya

Haru, Pesan Anak Wendy Cagur Yang Tengah Isolasi Mandiri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA