KOMENTAR

PEMENTASAN cuplikan monolog "Marsinah Menggugat" yang dibawakan Atiqah Hasiholan berhasil mencuri perhatian dalam acara peluncuran biografi Ratna Sarumpaet berjudul Aku Bukan Politikus yang diterbitkan Booknesia di Museum Benyamin Sueb, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis malam (24/3/2022).

Marsinah adalah seorang buruh wanita dari Sidoarjo, Jawa Timur, yang kisah tragisnya mewarnai perjalanan gerakan prodemokrasi Indonesia di era 1990an. Karena memperjuangkan nasib buruh di pabrik tempatnya bekerja, Marsinah tewas dibunuh secara sadis dan mengerikan.

Atiqah berperan sebagai Marsinah dalam monolog karya Ratna Sarumpaet itu. Ia tampil memukau dan memikat di atas panggung, menyempurnakan peluncuran buku yang berlangsung secara sederhana dan khidmat.

Kemampuan Atiqah menampilkan Marsinah serta problematika pembangunan dan demokrasi Indonesia rasanya tak kalah dengan penampilan Ratna Sarumpaet, sang ibu, lebih dari dua dekade lalu.

Peluncuran yang dilakukan secara hybrid itu juga diikuti sejumlah sahabat Ratna Sarumpaet seperti Jajang C. Noer, Adhie Massardi, dan Hatta Taliwang, serta kerabatnya.

Di bagian awal peluncuran, pendongeng Agus Nur Amal PMTOH dengan tak kalah memukau menceritakan kisah yang ditulis Ratna Sarumpaet di dalam bukunya itu.

Mulai dari perjalanan masa kecil dan keluarga Ratna Sarumpaet, perkenalannya dengan dunia teater, aktivitas pembelaan HAM dan kemanusiaan yang dilakukannya, sampai sepak terjangnya di dunia politik.

CEO RMOL Network Teguh Santosa dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ratna Sarumpaet dan keluarga yang mempercayakan penerbitan biografi ini kepada Booknesia.

Tulus Membela Kepentingan Rakyat Kecil

Adapun Topas Juanda, perwakilan masyarakat Kampung Akuarium di Jakarta Utara, mengatakan, masyarakat mengenal Ratna Sarumpaet sebagai sosok pembela yang tulus dan tidak berpura-pura.

Adalah Ratna Sarumpaet yang pertama kali 'meributkan' penggusuran Kampung Akuarium pada tahun 2016 oleh Gubernur DKI Jakarta masa itu, Basuki Tjahaja Purnama. Setelah Ratna Sarumpaet meributkan penggusuran itu, barulah banyak pihak mulai memberikan perhatian.

“Umi (Ratna Sarumpaet) yang kami kenal adalah perempuan tangguh. Beliau juga membantu kami untuk ke pengadilan, sampai meminjamkan uangnya untuk bayar materai dalam surat gugatan," ujar Topas.

Sedangkan Jajang C. Noer yang hadir di ruang virtual mengatakan, Ratna Sarumpaet adalah orang yang dialogis dan tak sungkan menyuarakan hal-hal yang menurutnya tidak sesuai atau tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Kami saling menyayangi, dalam arti kata kami saling mengkritik kalau salah dan memuji kalau benar. Itulah kami itu. Persahabatan kami sangat unik, sangat bagus,” ucap Jajang.

Adik kandung Ratna Sarumpaet, Sam Sarumpaet, mengatakan, kakaknya ini memiliki kemampuan pedagogis yang mampu mentransfer pemahamannya atas berbagai persoalan kepada orang lain. 

“Dia (Ratna Sarumpaet) tidak ada takutnya pada siapa pun. Jadi, kalau nyali kita manusia biasa ada ukurannya, (nyali) dia kayaknya di luar ukuran normal,” ujar Sam Sarumpaet yang juga dikenal sebagai sutradara.  

Aktivis prodemokrasi Adhie Massardi yang diberi kesempatan pamungkas untuk menyampaikan pandangan mengenai Ratna Sarumpaet larut dalam haru. Ia hampir tak mampu berkata apapun.

“Ini sahabat saya. Pejuang. Ini hatinya Indonesia," ujar Adhie Massardi menahan tangis.

Ratna Sarumpaet: Bersatulah untuk Benahi Bangsa Ini

Nama Ratna Sarumpaet sempat tercoreng dalam kasus hoaks seputar penganiayaan terhadapnya pada Oktober 2018. Dalam vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, ia dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Setelah menjalani masa hukuman dipotong remisi Idul Fitri dan 17 Agustus, Ratna Sarumpaet dibebaskan pada Desember 2019.

Dalam sambutan di peluncuran buku, Ratna Sarumpaet mengatakan, Aku Bukan Politikus ditulisnya saat berada dalam tahanan dan penjara.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News