Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PROTEIN sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sebab protein membantu membangun jaringan organ tubuh. Protein juga mempertahankan masa otot dan membuat kulit tetap kencang. Tak hanya itu, protein juga membuat kenyang lebih lama, makanya sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Tapi, bijak memilih protein ya. Protein yang baik adalah yang paling sedikit kadar lemaknya. Contohnya protein pada daging ayam. Pada bagian dada, jumlah proteinnya sebesar 39 gr dengan kadar lemak hanya 2,1 gr. Bagian dada ini adalah protein yang terbaik dibandingkan bagian paha bawah, paha atas, maupun yang lainnya.

Nah, buat para pejuang diet, konsumsi protein diperlukan utamanya buat yang masih merasa lapar saat menjalani program penurunan berat badan. Tapi tentu saja, porsinya harus pas. Yaitu 1 gram protein dikali berat badan kamu sekarang. Takaran tersebut untuk setiap harinya. Contohnya, berat badan 60 kg artinya konsumsi protein per harinya sebesar 60 gr.

Jika tidak punya timbangan, upayakan porsi proteinnya 1/3 piring, ketimbang porsi karbohidratnya.

Di bawah ini ada contoh sumber protein yang bikin kamu kenyang, utamanya untuk para diet lovers.

1. Telur (Protein: 6gr, kalori: 80)

Bahan makanan ini sangat mudah ditemukan. Walau begitu, manfaatnya tidak boleh disepelekan ya, karena mengandung protein yang sangat tinggi. Juga mengandung vitamin A, D, E, dan Knserta Kolin yang menyehatkan metabolisme. Bahkan sebuah penelitian mengungkap, rajin mengonsumsi telur saat sarapan bisa mengurangi berat badan.

2. Tahu (8gr Protein, 76 kalori)

Tahu dan tempe (18gr protein dan 195 kalori) sering disebut sebagai duo lauk yang kaya protein dan harganya sangat terjangkau. Untuk para diet lovers, tahu dan tempe harus menjadi menu utama. Keduanya dibuat dari kacang kedelai yang juga menjadi sumber protein dan kaya serat yang baik bagi tubuh.

3. Dada ayam (39gr protein, 165 kalori)

Dada ayam sangat populer untuk mereka yang menginginkan berat badan ideal. Dada ayam mengandung kalori sehat yang menguntungkan untuk diet. Sebanyak 80% kalori dada ayam berasal dari protein dan 20% dari lemak. Selain tinggi protein, dada ayam juga membantu membangun otot, menguatkan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme, serta membantu menghilangkan stres.

4. Udang (27gr protein, 135 kalori)

Untuk diet, pilihlah udang karang yang mengandung lemak sangat rendah. Selain itu, udang karang juga dikenal sebagai seafood yang menyehatkan, karena tinggi kandungan vitamin B dan mineral, seperti Zinc, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalsium.

5. Edamame (11gr protein dan 122 kalori)

Edamame merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar lemak yang cukup rendah dan sangat baik dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Kacang edamame kaya kandungan protein dan serat, cocok dijadikan menu diet.

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health