post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANAK ayah dan bunda sudah masuk usia 2 tahun. Sudah waktunya pula bunda menyapihnya. Namun terkadang banyak kesulitan untuk melepaskan balita dari nikmatnya ASI bunda.

Biasanya, berbagai cara bunda lakukan. Mulai dari mengolesi puting dengan cairan pahit, membohongi si kecil bahwa ASI nya sudah tidak enak, hingga mencoba menggantinya dengan susu botol. Tapi lagi-lagi cara tersebut kurang berhasil.

Nah, di sinilah peran ayah menjadi sangat penting. Kunci keberhasilan peran ayah saat proses penyapihan adalah dengan memperbanyak waktu bersama si kecil dan menjadi lebih dekat dengannya.

1. Komunikasi Jujur

Ayah, jangan katakan susu bunda pahit. Ingatkan saja bahwa si kecil sudah semakin berat dan sudah terlalu besar kalau harus dipangku untuk menyusu.

2. Memberi Hadiah Cangkir Susu

Ayah bisa memberikan hadiah berupa cangkir susu yang didesain khusus untuk si kecil. Dengan begitu, anak akan termotivasi meminum susu dari cangkir pemberian ayah.

3. Bermain Bersama

Jika si kecil tiba-tiba ingat susu, alihkan ia untuk main bersama. Atau ajak menonton video tentang anak mandiri yang minum susu sendiri dengan cangkir, atau membaca buku.

4. Siaga Saat Anak Bangun Tengah Malam

Jika bunda yang merespon, ia akan minta menyusu. Ayah harus segera sigap ketika si kecil bangun. Tenangkan ia dan usap kembali kepala atau punggungnya sambil "shushing" (membuat suara "shshshsh").

5. Ketika Anak Bangun Pagi

Ayah alihkan perhatiannya agar anak tidak mencari bunda dan minta menyusu. Ayah bisa mengajak si kecil.keluar rumah sambil menikmati suasana pagi.

6. Mengawal Rutinitas Sebelum Tidur

Pastikan ayah ada di rumah sebelum si kecil tidur. Bantu anak untuk menjalankan rutinitas sebelum tidur, seperti mencuci tangan dan kaki, gosok gigi, dan ganti baju tidur.

7. Tidur Bersama Anak

Malam hari adalah waktu yang sulit untuk menyapih si kecil. Ayah wajib menemani anak tidur. Atur pencahayaan dan suhu kamar agar si kecil nyaman. Baca buku cerita. Jika ia sudah terlihat mengantuk, ayah segera usap kepala atau punggungnya untuk membantu anak lebih cepat terlelap.

Close X

Si Kecil Bercita-Cita Menjadi Guru? Siapkan Hal Ini, Bunda..

Sebelumnya

Apa Yang Anak Anda Tonton Di YouTube? Penelitian Membuktikan, Sebagian Besar Adalah Iklan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting