post image
Julio Mora dan Waldramina Quinteros berpose untuk foto di rumah mereka di Quito, Ekuador/Net
KOMENTAR

SEPASANG suami-istri asal Ekuador baru-baru ini dinobatkan sebagai pasangan menikah tertua di dunia. Mereka adalah Julio Cesar Mora yang berusia 110 tahun dan istrinya, Waldramina Quinteros Quintero yang berusia 104 tahun.

Keduanya tercatat menikah di Ekuador pada 7 Februari tahun 1941 lalu. Pernikahan pasangan itu pun diakui oleh rekor Guinness sebagai pasangan menikah tertua di dunia pada Agustus ini.

Melansir Daily Mail, keduanya pertama kali bertemu pada tahun 1934 karena diperkenalkan oleh sepupu Morea. Mereka pun jatuh cinta dan kemudian menikah pada tahun 1941.

Sayangnya, momen bahagia mereka harus dilakukan secara rahasia di hadapan sahabat mereka karena orang tua dan keluarga mereka sangat menentang pernikahan itu.

Namun seiring berjalannya waktu, keluarga mereka pun luluh karena melihat keharmonisan pasangan itu.

Pasagan tersebut kini telah memiliki lima anak, 11 cucu, 21 cicit dan 9 anak dari cicit mereka.

Menjaga hubungan pernikahan yang harmonis untuk waktu lama bukan merupakan perjuangan yang mudah. Pasangan tersebut pun membagikan resep pernikahan ala mereka.

Hal pertama dan utama yang harus selalu dijaga dalam hubungan pernikahan adalah rasa hormat dan saling menghargai.

"Persatuan keluarga di bawah aturan cinta, saling menghormati, kerja jujur, dan pendidikan yang tepat berdasarkan nilai-nilai keluarga adalah kunci untuk hidup berdampingan yang sehat," begitu keterangan dari pasangan itu.

Seperti pasangan menikah di mana pun, Mora dan Quintero juga kerap mengalami perselisihan selama bertahun-tahun. Namun mereka selalu memastikan untuk menjaga perselisihan dan perbedaan mereka di balik pintu tertutup dan terlindung dari putra dan putri mereka.

"Rasa hormat, kasih sayang, dan perhatian yang dengannya kami menjaga hubungan kami sangat penting, kami tidak pernah berdebat atau bertengkar," kata mereka.

"Ada perselisihan, tapi itu tidak terlihat oleh anak-anak kami yang juga pantas dihormati dan dicintai," sambungnya.

Di tengah pandemik Covid-19 yang saat ini terjadi, pasangan itu pun saling menguatkan dan menjaga satu sama lain.

"Cinta dan kedewasaan yang kami miliki sebagai pasangan sejak awal pernikahan memungkinkan kami untuk saling mengenal dan tumbuh secara emosional untuk menentukan masa depan kami," ujar pasangan tersebut.

"Memang benar saat ini sulit karena kami kewalahan oleh pandemi yang melanda dunia dan kami masih belum punya solusi. Namun, langkah pertama bagi kami untuk mengikuti aturan dengan menghormati dan mencintai kehidupan," tandas mereka. (F)

Close X

Tips Komunikasi Dengan Pasangan Ala Teh Cinta: Kita Harus Tahu Kapan Harus Diam Dan Menjadi Pendengar Yang Baik

Sebelumnya

Ini 5 Negara Dengan Kesejahteraan Anak Terbaik Di Dunia Versi UNICEF

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family