Anak-anak harus didorong untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak demi menekan potensi penularan virus corona/Net
Anak-anak harus didorong untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak demi menekan potensi penularan virus corona/Net
KOMENTAR

VIRUS corona atau Covid-19 tidak seharusnya dipandang sebelah mata, apalagi jika berkaitan dengan anak-anak.

Sebuah laporan baru yang oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat pada pekan lalu menemukan bahwa ketika anak-anak dirawat di rumah sakit karena Covid-19, mereka juga membutuhkan unit perawatan intensif (ICU) sesering orang dewasa.

Laporan tersebut melihat catatan rawat inap dari 14 negara bagian di Amerika Serikat. Mereka menemukan 576 kasus Covid-19 di antara anak-anak yang membutuhkan rawat inap dari Maret hingga 25 Juli.

Meskipun memang tidak banyak anak yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, tapi jika mereka dirawat, satu dari tiga pasien Covid-19 anak perlu dirawat di unit perawatan intensif, sama seperti orang dewasa.

"Anak-anak dapat mengembangkan penyakit Covid-19 yang parah selama periode pengawasan, satu dari tiga anak dirawat di ICU. Anak-anak Hispanik dan kulit hitam memiliki tingkat tertinggi rawat inap terkait Covid-19," jelas CDC dalam laporan itu, seperti dikabarkan CNN.

CDC sendiri tidak memiliki data lengkap tentang setiap anak, tetapi untuk 208 kasus Covid-19 pada anak yang CDC yang dapat melakukan tinjauan  medis lengkap, ditemukan 69 dirawat di ICU dan hampir 6 persen dari mereka perlu dipasang

Laporan yang sama menyebut, anak-anak usia 2 tahun ke bawah adalah yang paling mungkin dirawat di rumah sakit. Anak-anak Hispanik dan kulit hitam lebih mungkin dirawat di rumah sakit daripada anak-anak kulit putih.

Lebih dari 40 persen anak memiliki satu atau lebih kondisi yang mendasari, seperti obesitas atau penyakit paru-paru kronis.

CDC dalam laporan itu mengingatkan, meskipun gejala Covid-19 cenderung ringan pada anak-anak, namun bukan berarti tidak ada potensi Covid-19 akan memberikan dampak serius pada anak.

Karena itulah, CDC mengimbau agar anak-anak didorong untuk sering mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik dari orang lain, dan jika mereka berusia 2 tahun atau lebih, mereka harus memakai masker saat berada di sekitar orang-orang di luar. anggota keluarga mereka.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News