post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

"DAN bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak nyang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah" (QS Al Hajj: 34)

Tidak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut Idul Adha. Hari raya yang jatuh setiap 10 Dzulhijjah (70 hari setelah idul fitri) ini juga dinamakan sebagai Lebaran Qurban.

Pada hari tersebut, tiap muslim diperintahkan menyembelih hewan ternak sebagai simbol ketaatan kepada Allah SWT.

Qurban sendiri berasal dari kata udh Iyah yang bermakna menyembelih hewan qurban dengan niat mendekatkan diri kepada Allah. Hukumnya adalah sunnah muakkad.

Disebutkan dalam sebuah hadist:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الأَضْحَى بِالْمُصَلَّى فَلَمَّا قَضَى خُطْبَتَهُ نَزَلَ مِنْ مِنْبَرِهِ وَأُتِىَ
بِكَبْشٍ فَذَبَحَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِيَدِهِ وَقَالَ: (( بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا عَنِّى وَعَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِى )).

"Diriwayatkan dari Jabir bin 'Abdullah radhiallahu 'anhu bahwasannya dia berkata, " Saya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhotbah, beliau turun dari mimbar nya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyembelih nya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku."

Dari Abu Hurairah, Rasulullah juga bersabda:

"Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami."

Berqurban memiliki keutamaan yang sangat besar. Maka dari itu, jika kamu mampu secara ekonomi, sangat dianjurkan untuk berkurban.

Berikut beberapa keutamaan berkurban:
1. Sebagai saksi amal di hadapan Allah
Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah, setiap lembar buku dari hewan yang dikurbankan akan mendatangkan satu kebaikan.

2. Sebagai sarana meningkatkan ketakwaan
Kegiatan ini mengajak umat muslim untuk menjalankan apa yang diperintahkan Allah sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur'an.

3. Pengingat bahwa segalanya milik Allah
Segala sesuatu yang kita miliki saat ini sebenarnya adalah milik Allah. Kita wajib menjaga dan memanfaatkannya untuk kebaikan, salah satunya dengan berkurban.

4. Taat terhadap perintah Allah
Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menyiratkan banyak makan, yaitu taat terhadap perintah Allah. Saat Allah meminta Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail, ia tidak menolak. Bahkan ia meneguhkan keyakinannya.

5. Sebagai sarana memupuk empati sesama
Apabila kamu mampu secara ekonomi, berkurban lah. Karena kita dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

6. Mengikuti ajaran Nabi Ibrahim.

7. Pintu untuk mendekatkan diri kepada Allah
Dalam Surat Al-Maidah ayat 26 disebutkan, Allah hanya akan menerima kurban dari orang-orang yang bertakwa. (F)

 

Close X

7 Adab Bangun Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Sebelumnya

Biar Saya Yang Bayar!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Islam