post image
Foto: Ig@zaskiaadyamecca
KOMENTAR

ZASKIA Adya Mecca baru saja melahirkan anak kelima yang diberi nama Bhaj Kama Bramantyo, melalui operasi caesar. Sayang, Zaskia belum bisa menemui sang bayi lantaran @bhajkama harus menjadi proses oksigen terlebih dahulu lantaran mengalami TTN. Apa itu?

Transient Tachypnea of Newborn (TTN) adalah salah satu jenis masalah pernapasan yang sering ditemukan pada bayi baru lahir. Penyebabnya adalah paru-paru bayi terisi cairan yang dikeluarkan oleh alveolus (tempat pertukaran udara dengan darah) untuk mempertahankan fungsi dan perkembangannya yang normal.

TTN ditemukan pada 4-6 bayi per 1000 kelahiran hidup. Biasanya berisiko besar pada bayi yang lahir caesar, bayi laki-laki, bayi yang memiliki riwayat asma dalam keluarganya, bayi makrosomia (lahir dengan berat lebih dari 4 kilogram), dan lahir dari ibu yang memiliki riwayat diabetes.

Tanda utama dari gangguan pernapasan ini adalah bayi yang bernapas cepat dan dalam, tampak sesak, dan diikuti oleh suara napas bunyi mirip ngorok. Laju napas pada bayi yang mengalami TTN lebih dari 60 kali napas per menit, bahkan bisa mencapai 80-100 kali napas per menit.

Pada umumnya TTN ini tidak berbahaya jika cepat mendapatkan penanganan. TTN umumnya membaik dalam 2-5 hari. Pada beberapa kasus mungkin butuh waktu lebih lama, tergantung dari kondisi bayi dan pengobatan yang diterimanya.(F)

 

Close X

Bocah 7 Tahun Jadi Korban Meninggal Termuda Akibat Covid-19 Di Georgia

Sebelumnya

Cerdas Menggunakan Obat Dengan Prinsip 'Dagusibu'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health