Masker bedah dan masker kain bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berolahraga mengenakan masker/ Foto: Net
Masker bedah dan masker kain bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berolahraga mengenakan masker/ Foto: Net
KOMENTAR

DI tengah pandemi Covid-19, penggunaan masker di luar rumah menjadi hal yang wajib dilakukan. Namun, banyak pecinta olahraga khawatir penggunaan masker saat olahraga bisa menimbulkan bahaya.

Ketakutan itu salah satunya didasarkan pada pertimbangan penggunaan masker bisa membuat napas kurang lega, sesak, dan tidak nyaman. Ada juga yang mungkin khawatir masker yang dipakai saat berolahraga menyebabkan keracunan karbon dioksida (CO2).

Lalu, apakah benar penggunaan masker saat berolahraga bisa berbahaya?

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO, menyebutkan perihal jenis masker yang tidak cocok digunakan untuk olahraga.

"Penggunaan masker jenis N95 akan sangat mempengaruhi fungsi pernapasan penggunanya, karena itu hanya diperuntukkan bagi petugas medis, misalnya di ruang-ruang isolasi dan ICU, yang khusus merawat penderita Covid-19," jelasnya dalam rilis resmi yang diterima media seperti dilansir dari Suara.com.

Oleh karena itu, masker bedah dan masker kain bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berolahraga mengenakan masker.

Masker bedah lebih rendah kemampuannya untuk menyaring udara, sehingga pemakaiannya tidak terlalu menyesakkan. Sedangkan masker kain lebih nyaman saat dipakai.

Menurut dr. Michael, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang penggunaan masker saat berolahraga, termasuk lama penggunaannya agar mampu memperjelas manfaat masker bagi kesehatan.

Belakangan ini sempat viral sebuah video yang menyatakan berbahaya menggunakan masker saat berolahraga intensitas berat yang bisa berujung kematian.

Dr. Michael menganjurkan untuk tidak melakukan olahraga intensitas berat di luar rumah dan mengenakan masker.

Selain itu, perlu dicatat bahwa olahraga intensitas berat umumnya hanya dilakukan oleh para atlet yang bukan bertujuan untuk kesehatan.

Kondisi awal kesehatan seseorang juga bisa menjadi penentu. Jika tubuh dalam keadaan tidak sehat, maka tidak disarankan untuk berolahraga, apalagi dengan mengenakan masker. Hal ini bisa berujung fatal apabila tetap dilakukan, tutur dr. Michael.

"Berolahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan sampai dengan sedang, sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernapasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, terlebih lagi sehingga menyebabkan kematian," ujar dokter pemilik Slim + Health Sports Therapy di Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu.

 

 




Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Sebelumnya

Hentikan Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil, Ini Bahayanya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health