Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
KOMENTAR

HIMBAUAN pemerintah daerah (Pemda) yang meminta warganya untuk tinggal di rumah selama dua pekan ke depan mulai terdengar, menyusul semakin tingginya jumlah masyarakat yang terpapar corona. Ada baiknya memang, sebagai antisipasi pencegahan virus tersebut, kita melakukan karantina mandiri.

Karantina yang dimaksud tidaklah se-ekstrem yang dibayangkan. Paling tidak, kita mengurangi aktivitas di luar rumah, termasuk bertemu dengan orang lain. Karantina dengan kondisi listrik menyala dan akses pada air bersih itu seharusnya tidak terlalu sulit.

Untuk melakukan pencegahan tersebut, ada baiknya kita melakukan sejumlah persiapan.

1. Siapkan makanan dan persediaan lain untuk 2 minggu ke depan per orang.

2. Simpan makanan, utamakan yang kering dan dalam kemasan kaleng. Beras, pasta, oatmeal, sereal, granula, buah-buahan, roti, peanut butter, daging, dan protein lain. Air minum, camilan, makanan dan susu bayi.

3. Siapkan juga keperluan kamar mandi seperti sabun mandi dan alat mandi lainnya, sabun cuci baju, pembalut dan diapers, tisu, hand sanitizer, dan masker untuk merawat anggota keluarga yang sakit.

4. Obat-obatan dan vitamin, seperti pain killer, Paracetamol, obat diare, obat flu, batuk, dan obat-obatan lain bagi penderita sakit tertentu. Siapkan juga P3K seperti obat luka, plester, termometer, kain kasa, dan lainnya.

5. Siapkan juga stok makanan untuk hewan peliharaan.

6. Untuk menghilangkan rasa bosan, pastikan WiFi menyala dan paket kuota selalu ada

Dan jika Anda baru pulang bepergian dari daerah atau negara dengan kasus Covid-19 atau bertemu dengan pasien positif Corona, sadar dirilah untuk mengkarantina diri sendiri dengan diam di rumah atau tidak pergi ke manapun selama dua Minggu.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health