post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BANJIR di sebagian wilayah berangsur-angsur mulai surut. Sebagian besar perabotan rumah yang tak bisa terhindar dari terjangan banjir, menyisakan bau apek, tak terkecuali lemari.

Untuk memastikan lemari kembali seperti sedia kala dan dapat digunakan kembali, Bunda dapat menggunakan beberapa bumbu dapur yang dipercaya ampuh mengatasi mau apek pasca terendam air banjir.

Ikuti tips berikut ini:

1. Kosongkan lemari

Sebagai langkah awal, kosongkan seluruh lemari. Pastikan tidak ada satu barangpun yang tertinggal. Buka lebar-lebar pintu lemari untuk mendapatkan udara baru. Beri cairan pembersih dengan mencampurkan air dan baking soda. Semprotkan ke seluruh bagian lemari dan diamkan selama satu jam dengan kondisi pintu lemari terbuka. Hindari penggunaan pewangi, karena kandungannya bisa saja menempel pada dinding lemari dan membahayakan barang-barang yang akan dimasukkan kembali.

2.Larutkan bubuk kopi dan cuka

Larutan kopi dan cuka ternyata bisa menjadi cairan pembersih lemari. Caranya: tuangkan 2 sendok makan bubuk kopi dan 4 sendok cuka, aduk rata. Letakkan di beberapa sudut lemari dan biarkan selama satu malam.

3. Campurkan eukaliptus, teh, dan perasan lemon

Selain campuran kopi dan cuka, Bunda juga bisa mengombinasikan eukaliptus, teh, dan perasan lemon sebagai cairan pembersih lemari. Caranya: Campurkan semua bahan dengan satu setengah gelas air hangat. Semprotkan ke seluruh bagian lemari. Diamkan setengah jam. Sisa cairan bisa Bunda semprotkan kembali jika diperlukan.

4. Letakan tembakau

Tanaman asal Benua Amerika ini kerap dijadikan bumbu dapur paling sedap untuk membuat nasi goreng. Tapi tak hanya itu, tembakau juga dapat berfungsi sebagai penghilang bau lemari hanya dengan meletakkan satu batang di bagian tengah lemari. Diamkan selama satu malam, dijamin bau apek, lembap dan kuman akan lenyap.

5. Letakan melati

Pilih bunga melati yang masih memiliki bentuk kuncup yang sempurna. Kemudian, ambil beberapa bunga melati dan taruh pada wadah. Letakkan tumpukan bunga melati di bagian tengah lemari, diamkan selama satu malam. (F)

Close X

Pandemi Covid-19, Momen Tepat Perkuat Komunikasi Suami-Istri

Sebelumnya

Menjaga Mental Ibu dan Anak di Masa Pandemi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family World