Rumput fatimah/Net
Rumput fatimah/Net
KOMENTAR

TIDAK semua ibu melahirkan sesuai dengan tanggal perkiraan lahir yang diberikan oleh dokter. Apalagi untuk bunda yang hamil anak pertama, prediksi melahirkan tidak dapat menjadi patokan. Terkadang bisa maju atau bahkan mundur.

Jika sudah seperti itu, biasanya orangtua kita menyarankan untuk meminum air rendaman rumput Fatimah. Alasannya, agar cepat proses melarhirkan. Tapi, benarkah demikian?

Dr Dinda Derdameisya, SpOG mengakui, air rendaman rumput Fatimah memang terbukti dapat meningkatkan kontraksi otot rahim yang mampu membantu mempercepat proses melahirkan. Efeknya mirip seperti oksitosin yang merupakan obat yang biasa dipakai dokter untuk meningkatkan kontraksi saat merangsang proses persalinan.

Namun, meski memang demikian, dokter kandungan yang praktik di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta ini justru melarang keras ibu hamil untuk mengonsumsinya.

“Kita melarang untuk memberikan rumput Fatimah pada ibu hamil yang sedang menjalani proses persalinan. Justru kalau mau memberikan rumput Fatimah, sebaiknya setelah bayi itu lahir,” saran dr Dinda.

Alasannya, lanjut dia, kadar zat aktif dalam rumput Fatimah sulit diukur. Jadi, kontraksi yang muncul akibat mengonsumsi air rendaman rumput ini tidak terkontrol dengan baik atau justru mengalami kontraksi berlebih yang berisiko membahayakan keselamatan ibu dan janin. 

“Pembukaan cepat, tapi terjadi robekan yang tidak diinginkan,” katanya. 

Jadi, bagi Anda yang berencana mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah untuk membantu melancarkan proses melahirkan, sebaiknya urungkan niat tersebut. Jika menemui masalah jelang melahirkan, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan, agar lebih aman untuk Anda dan bayi di dalam kandungan.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health