KOMENTAR

MSG atau penyedap rasa, banyak ditemukan sebagai bahan tambahan dalam makanan, terutama makanan kemasan. Dengan penambahan MSG, rasa makanan menjadi lebih enak. Namun, sebenarnya Anda bisa mendapatkan MSG alami. MSG alami itu ada dalam buat tomat.

MSG atau monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam amino glutamat. Asam glutamat ini ditemukan secara alami dalam tubuh, dalam makanan, dan juga terdapat dalam bahan tambahan makanan. Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25% dari semua protein dalam makanan. Salah satu makanan yang mengandung MSG alami adalah tomat. Per 100 gram tomat terkandung asam glutamat bebas sebanyak 140 mg. Selain itu, keju (1200 mg/ 100 g) dan daging (33 mg/ 100 g) juga mengandung MSG alami.

Dalam sejarahnya, glutamat yang kita jumpai dalam bumbu instan sekarang ini ternyata dibuat dari bahan alami. Pada tahun 1908, seorang profesor Jepang bernama Kikunae Ikeda mampu mengekstrak glutamat dari kaldu rumput laut. Beliau menemukan bahwa glutamat dalam kaldu ini memberi rasa gurih ke dalam sup. Kemudian, Profesor Ikeda mengajukan paten untuk memproduksi MSG secara komersial.

MSG yang biasa kita gunakan sebagai penyedap rasa merupakan buatan pabrik, yang mana merupakan hasil dari fermentasi. Sedangkan, tomat mengandung MSG alami atau asam glutamat bebas. Asam glutamat bebas ini ditemukan dalam protein dan juga terlibat dalam fungsi tubuh normal manusia. Selain itu, asam glutamat bebas yang ditemukan secara alami ini tidak melalui proses apapun sehingga tidak mengandung kontaminan.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health