post image
Upaya membantu walabi bertahan hidup dengan cara melempar wortel dari udara/CNN
KOMENTAR

KEBAKARAN hutan yang terjadi di sejumlah wilayah di Australia sejak beberapa bulan belakangan membuat sejumlah satwa ikut menjadi korban.

Jutaan binatang khas Australia, seperti koala, kanguru dan walabi tewas, terluka atau kehilangan habitat mereka.

Selain upaya pemadaman api dan penyelamatan hewan, pemerintah wilayah New South Wales (NWS) Australia, yang merupakan wilayah paling terkena dampak buruk dari kebakaran tersebut, berupaya untuk membantu binatang walabi yang masih terjebak di hutan agar bisa bertahan hidup dengan cara memberikan makanan dari udara.

Melalui misi yang disebut dengan "Operation Rock Wallaby", tim penyelamat menjatuhkan lebih dari 1.000 kilogram ubi jalar dan wortel dari atas wilayah berbagai koloni yang masih aman dari si jago merah dalam sepekan terakhir.

"Penyediaan makanan tambahan adalah salah satu strategi utama yang kami gunakan untuk mempromosikan kelangsungan hidup dan pemulihan spesies yang terancam punah seperti walabi batu ekor sikat," kata Menteri Energi dan Lingkungan NWS Matt Kean.

"Penilaian kebakaran awal mengindikasikan habitat beberapa populasi penting yang dihuni dibakar dalam semak belukar baru-baru ini. Para walabi biasanya selamat dari kebakaran itu sendiri, tetapi kemudian dibiarkan terlantar dengan makanan alami yang terbatas ketika api mengeluarkan vegetasi di sekitar mereka," sambungnya.

Diketahui bahwa walabi batu berekor adalah hewan berkantung yang serupa kanguru, namun hidup di tebing berbatu atau singkapan granit.

Menurut situs Departemen Lingkungan dan Energi Australia, dari 15 spesies walabi di Australia, sebagian besar telah menghilang dan sekarang dianggap terancam. Spesies ini juga dianggap terancam punah di NSW.

Sementara itu, menurut ahli ekologi di University of Sydney, Christopher Dickman baru-baru ini, hampir setengah miliar hewan telah terkena dampak kebakaran di NSW saja. Di antara hewan yang terkena dampak adalah burung, reptil, dan mamalia. (F)

Rel Tergenang, Berikut Rekayasa Perjalanan KRL Jabodetabek

Sebelumnya

Sebanyak 326 Gardu Listrik Di Jakarta Dan Bekasi Dipadamkan PLN

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News World