post image
Jalan Payung di Argentina/Net
KOMENTAR

TUJUAN wisata yang menarik tidak melulu soal pemandangan alam. Gedung, sudut kota atau bahkan jalan pun bisa menyimpan pesona tersendiri yang layak untuk dilirik dan dikunjungi.

Berikut 10 jalan paling cantik di dunia versi CNN Travel yang layak untuk dilirik dan masuk ke dalan bucket list Anda:

1. Jalan Jinli di Chengdu, China

Di jalan ini, Anda akan menemukan deretan bangunan rumah-rumah dan toko-toko kayu bergaya Dinasti Qing yang dihiasi dengan lentera merah dan papan tanda tradisional. Nuansa khas negeri tirai bambu di jalan ini telat terbentuk sejak sekitar 1.000 tahun silam, namun baru benar-benar dipugar pada tahun 2004 lalu.

Menengok sejarahnya, Jalan Jinli merupakan salah satu jalan perbelanjaan tertua di provinsi Sichuan, Chin.

2. Jalan Convent Di Harlem, New York City, Amerika Serikat

New York City diberkati dengan beberapa jalan yang menarik di dunia secara arsitektur. Dari beberapa jalan menarik itu, Convent Avenue merupakan yang paling menonjol.

Di jalan tersebut, sederet bangunan kuno nan bersejarah  menonjol dari gerombolan itu, berkat gedung-gedungnya yang hancur dan trotoar yang dibatasi pepohonan.

Bentangan antara jalan 140 dan 145 Barat adalah yang paling mengesankan. Di jalan tersebut terdapat bangunan-bangunan kuno termasuk Gereja Baptis Convent Avenue dan 339 Convent Avenue alias rumah The Royal Tenenbaums, serta trotoar dan pepohonan yang berjejer menjadikan jalan tersebut semakin mempesona.

3. Jalan Lombard di San Francisco, Amerika Serikat

Tidak seperti jalan lainnya yang cenderung lurus, jalan ini memiliki bentuk berliku. Jalan ini memiliki delapan lengkungan yang membuatnya disebut sebagai jalan paling bengkok di dunia. Dengan perpaduan lanskap yang menarik serta pepohonan rindang dan bangunan di sekitarnya, jalan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak yang sengaja datang ke sini hanya untuk mengambil foto untuk diunggah ke Instagram.

4. Caminito di La Boca, Buenos Aires, Argentina

Caminito memiliki makna "jalan kecil". Jalan ini merupakan jalan paling berwarna di daerah Buenos Aires Argentina. Caminito sebenarnya pernah menjadi jalan yang rusak dan tidak menarik pada tahun 1950an setelah rel kereta api yang membentang melalui area tersebut ditutup.

Namun kemudian seorang seniman lokal bernama Benito Quinquela Martin mulai meregenerasi daerah tersebut dan membuatnya cantik dengan warna-warni.

Saat ini, Caminito bukan sekedar jala, melainkan museum jalanan dengan rumah-rumah petak biru, kuning, dan hijaunya menampilkan karya seniman lokal.

5. Jalan "Filsuf" di Kyoto, Jepang

Jalan ini menjadi sangat cantik pada musim sakura yang biasanya dimulai pada awal bulan April. Betapa tidak, jalan ini diapit oleh deretan pohon sakura yang akan berwarna merah muda pada musimnya.

Jalan ini sebenarnya bernama Nishida Kitaro, yang merupakan nama seorang filsuf yang bermeditasi pada rute ini setiap hari.

6. Flask Walk di Hampstead, London, Inggris

Jalan ini terletak di kota London dan memiliki nuansa klasik. Jalan ini sebenarnya merupakan lorong pejalan kaki yang sempit yang melewati sebuah pub tradisional dan etalase toko-toko khas yang indah. Tidak sulit mencapai jalan ini, hanya beberapa langkah menuruni bukit dari stasiun Tube Hampstead.

7. Jalan Cockburn di Edinburgh, Skotlandia

Jalan Cockburn menyimpan pesona arsitektur tersendiri. Jalan yang curam dan melengkung tersebut dikembangkan pada tahun 1850an dengan tujuan untuk menawarkan akses yang lebih mudah ke stasiun kereta baru, yakni Stasiun Waverley ke Kota Tua Edinburgh.

8. Proyek Payung Langit di Agueda, Portugal

Sejak tahun 2011, empat jalan utama di Agueda, termasuk Rua Luis de Camoes, telah diubah menjadi surga warna-warni yang teduh dalam sebuah proyek payung langit. Jalan tersebut dihiasi dengan payung-payung berwarna warni yang dibuat sebagai bagian dari Festival Seni Agitagueda tahunan kota yang berlangsung selama bulan Juli, Agustus dan September.

Intip Daftar Film Favorit Barack Obama Sepanjang Tahun 2019

Sebelumnya

Ini Daftar 10 Buku Paling Populer Selama Satu Dekade Terakhir, Tertarik Membaca?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA