post image
Marie Kondo/Net
KOMENTAR

HAMPIR bisa dipastikan bahwa setiap orang dewasa pernah mengalami stres atau berada dalam situasi yang buruk.

Stres yang berkepanjangan dan tidak dapat dikendalikan bisa memberikan dampak buru, baik bagi kesehatan tubuh, bagi hubungan dan bahkan bagi produktivitas kerja.

Karena itulah penting bagi setiap orang untuk bisa menemukan cara untuk bisa mengurangi atau mengendalikan stres yang dihadapi.

Konsultan pengorganisasian Jepang, yang terkenal dengan metode KonMari, yakni Marie Kondo berbagi tips yang biasa dia lakukan untuk mereduksi stres.

Seperti dimuat Real Homes, Marie Kondo yang terkenal dengan buku dan serial Netflix "Tidying Up with Marie Kondo" itu mengatakan, setidaknya ada tiga tips jitu yang biasa dia lakukan ketika tengah mengalami stres.

1. Tuliskan apa yang membuat Anda cemas
Tips ini juga kerap dianjurkan oleh sejumlah terapis. Menuliskan apa yang dirasakan akan membantu diri untuk menemukan penjelasan rasional atas apa yang tengah dihadapi. Hal itu juga akan membantu diri kita untuk menemukan solusi terbaik untuk keluar dari situasi tersebut.

2. Kenali apa yang tidak bisa Anda kendalikan
Di tengah situasi yang buruk, Marie Kondo menyarankan agar kita mengadopsi pendekatan yang lebih filosofis pada hal-hal yang sudah pasti tidak berjalan sesuai rencana.

Mencoba mengenali dan memahami serta menerima apa yang tidak bisa kita kendalikan akan membantu diri kita untuk menerima kenyataan dan berjalan maju dengan langkah selanjutnya.

"Menyadari bahwa ada sesuatu yang di luar kendali saya membantu saya menjadi tenang," kata Marie Kondo.

3. Membersihkan lantai

Hal lain yang menurut Marie Kondo efektif untuk membantu mereduksi stres adalah melakukan bersih-bersih.

Menurutnya, daripada memikirkannya sebagai tugas, bersih-bersih sebaiknya dianggap sebagai cara untuk secara fisik membuang pikiran buruk atau kegelisahan yang mengganggu.

Aktivitas bersih-bersih favorit Marie Kondo saat tengah mengalami stres adalah membersihkan lantai.

"Membuat tangan saya sibuk (dengan kegiatan bersih-bersih) akan membantu pikiran saya menemukan keheningan," jelasnya.

Dia menambahkan, mungkin tidak semua orang bisa menemukan ketenangan yang sama jika membersihkan lantai. Namun banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti membersihkan lemari, merapikan laci, atau merapihkan sudut rumah yang mungkin bisa memicu munculnya ketenganan. (F)

Viral Kisah Pilu Rumah Tangga Layangan Putus, Begini Cerita Lengkapnya

Sebelumnya

Tiga Generasi Tinggal Dalam Satu Atap? Intip Lima Tips Ini Agar Tetap Hidup Rukun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family World