post image
KOMENTAR

GAYA kepengasuhan orangtua di berbagai belahan dunia menyimpan cerita unik masing-masing. Setiap negara punya gaya sendiri yang mencerminkan karakter masa depan generasi penerusnya. Seperti apa gaya kepengasuhan orangtua di mancanegara? Berikut 5 di antaranya.

1. Jepang

Orangtua di Jepang melatih anak-anak untuk mandiri. Misalnya, mereka kerap diminta untuk mengambil pesanan orangtua di toko roti atau toko kelontong. Orangtua juga membiasakan anak-anak untuk naik moda transportasi umum tanpa ditemani.

Bagi orangtua, amat penting mengajarkan keterampilan hidup sejak dini terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tak heran jika anak-anak Jepang tumbuh menjadi manusia berkepribadian independen.

2. Perancis

Orangtua di Perancis percaya pentingnya makan dengan perlahan dan menikmati makanan. Karena itu mereka ingin anak-anak belajar makan dengan perlahan sejak usia dini. Di Perancis, akan sulit menemukan anak yang makan dengan terburu-buru atau ingin menjadi juara 1 lomba makan.

Untuk mendukung anak menikmati makanan, sekolah-sekolah di Perancis memberi waktu panjang untuk istirahat makan siang yang langsung dilanjutkan dengan waktu bermain. Waktu makan siang dianggap sebagai kesempatan untuk bersosialisasi, bermain, sekaligus mencicipi makanan-makanan baru. Anak-anak diberi waktu lebih dari 30 menit hanya untuk makan.

3. Norwegia

Di negara-negara Nordic seperti Norwegia, Swedia, dan Finlandia, orangtua membiasakan balita bahkan bayi tidur siang di luar rumah. Mereka percaya bahwa anak-anak lebih baik menghirup udara segar di luar rumah sekaligus dapat mengurangi risiko terkena flu akibat udara tidak sehat di dalam rumah. Sekalipun suhu udara sangat dingin, si kecil tetap ‘dibungkus’ dalam stroller dan dibiarkan tidur siang di luar rumah.

Ayah Bunda, Siapkan Hal Ini Saat Musim Ujian Tiba !

Sebelumnya

Tantrum Itu Banyak Hikmahnya, Bunda Perlu Pahami Ini!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting World