Ilustrasi perempuan bahagia/Freepik
Ilustrasi perempuan bahagia/Freepik
KOMENTAR

DALAM dunia psikologi, setiap orang sejatinya bisa menciptakan kebahagiaannya sendiri. Ada empat hormon yang memunculkan rasa bahagia, salah satunya adalah hormon serotonin.

Serotonin adalah si penstabil suasana hati. Dikutip dari laman resmi Cleveland Clinic, serotonin adalah bahan kimia yang membawa pesan antara sel-sel saraf di otak dan seluruh tubuh. Biasa disebut neurotransmitter.

Serotonin memainkan peran penting dalam fungsi tubuh seperti suasana hati, tidur, pencernaan, mual, penyembuhan luka, kesehatan tulang, pembekuan darah dan hasrat seksual.

Kadar serotonin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan psikis.

Dengan kehidupan di era modern yang rentan stres ini, bisa jadi hormon serotonin akan tergerus dengan cepat. Tak sedikit dari kita yang merasa hampa, merasa serba kekurangan, dan bahkan merasa tidak memiliki pencapaian apa pun dibandingkan orang lain—yang kesuksesannya mewarnai layar media sosial.

Maka, ambillah jalan pintas untuk menciptakan sendiri hormon serotonin kita dengan 4 hal ini.

Pertama, ibadah. Cobalah untuk mengerjakan ibadah dengan tenang dan penuh kesadaran. Jangan terburu-buru. Camkan bahwa inilah cara kita berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Inilah saatnya kita meminta pertolongan dari Yang Maha Menguasai alam semesta. Ketika kita bisa khusyuk, hati akan menjadi tenang.

Kedua, refleksi diri. Refleksi diri artinya mau mengakui kesalahan yang pernah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi. Jika ini sudah bisa kita lakukan, maka hidup kita akan tenang.

Ketiga, ‘mandi’ sinar matahari. Pergi ke luar rumah dan berjalan-jalan di bawah sinar matahari ternyata tidak hanya menyehatkan secara fisik tapi juga dapat menciptakan hormon serotonin yang membantu kita untuk lebih tenang.

Keempat, pergi ke alam. Melihat panorama yang hijau dan indah akan membuncahkan serotonin. Kita bisa merasa lebi senang dan bahagia.

Siap untuk mengambil jalan pintas untuk bahagia tanpa tergantung orang lain?




Bikin Suasana Tidak Nyaman, Ini 3 Ciri ‘Agak Laen’ Orang yang Overconfident

Sebelumnya

Permasalahan Hidup Makin Kompleks, Saatnya Membangun Inner Calm untuk Menyikapinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family