Konferensi pers Muslim LifeFair Cibinong (22/5) di Restoran Ajwad, Condet, Jakarta Timur/Farah.id
Konferensi pers Muslim LifeFair Cibinong (22/5) di Restoran Ajwad, Condet, Jakarta Timur/Farah.id
KOMENTAR

KOMUNITAS Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan Lima Event Indonesia siap melanjutkan rangkaian seri Muslim LifeFair dengan menggelar Pesta UMKM Muslim di Innovation Convention Center (ICC) BRIN, Cibinong pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024.

Dipilihnya ibu kota Kabupaten Bogor sebagai venue perhelatan untuk kali pertama ini karena melihat animo dan kebutuhan masyarakat Bogor terhadap produk UMKM halal dan pengembangan ekosistem halal lifestyle yang terus menunjukkan tren positif.

Demikian pula dari segi kapasitas dan fasilitas, Innovation Convention Center (ICC) representatif untuk perhelatan berkonsep bazar produk muslim dan kuliner halal yang biasanya dikunjungi lebih dari 20 ribu pengunjung.

CEO Lima Event Indonesia, Deddy Andu optimis Pesta UMKM Muslim ini mendapatkan respons yang bagus dari masyarakat seperti kota-kota lainnya yaitu Bandung, Jakarta, BSD Tangerang, dan Jogjakarta. Hal ini mengingat ajang Muslim LifeFair memiliki karakter yang kuat serta bidikan market dan pengunjung yang jelas.

“Ajang ini bukan sekadar transaksi bisnis, tetapi lebih dari itu, menciptakan tren pasar produk halal lokal yang terus tumbuh  berkesinambungan, sekaligus wahana transfer nilai-nilai muamalah yang efektif, sarana edukasi, dan rekreasi untuk keluarga muslim,” papar Deddy Andu dalam Konferensi Pers Muslim LifeFair Cibinong yang digelar di Restoran Ajwad, Jakarta Timur pada Rabu (22/5).

Direktur Klub Bisnis KPMI Korwil Bogor Kusnan bin Kundori mengatakan, sebagai pelaku usaha produk halal, pasar UMKM muslim merupakan kesempatan penting dan sangat dibutuhkan.

“Pelaku usaha produk halal sangat membutuhkan ruang dan jejaring untuk eskalasi bisnis, sementara di sisi lain, harus memiliki daya tahan yang kuat dan kreatif untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman yang berubah cepat dan semakin inklusif,” kata Kusnan bin Kundori.

Ditambahkan Kusnan, dengan misi besar menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia, tentu penguatan ekosistem pelaku bisnis halal dan halal lifestyle harus terus digelorakan dan dihidupkan di tengah-tengah masyarakat.

Kota Cibinong diharapkan bisa menjadi lokomotif penggerak halal lifestyle dan brand image sebagai kota UMKM Halal. Karena selama ini Bogor telah dikenal memiliki UMKM yang kreatif dan inspiratif.

Dalam gelaran ini, Deddy Andu menyebut ada sekitar 80 brands dengan 105 booth dari beragam kategori di antaranya fesyen muslim, halal beauty & care, baby & kids product, pendidikan Islami, kuliner halal, halal tour & travel, serta multiproduk lainnya. Para exhibitor yang berasal dari daerah Cibinong dan Bogor, Jakarta sampai Jogja siap memberikan penawaran spesial kepada seluruh pengunjung yang ditargetkan sekitar 20 ribu orang.

“Hal identik dari Muslim LifeFair adalah soal kualitas produk yang ditawarkan spesial selama event, bersifat limited edition, flash sale sampai 75 persen, dan program tebus murah mulai dari 5 ribu hingga 25 ribu,” ungkap Deddy Andu.

Program promo spesial ini bermanfaat bagi brand tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk membangun loyalitas konsumen.

“Pameran merupakan wahana efektif membangun branding dan menemukan solusi langsung dari konsumen, karena itu kami selaku penyelenggara terus melakukan inovasi dan terobosan bagaimana supaya brand pelaku usaha dengan konsumennya bisa terus eksis dan sinergis,” tambah Deddy Andu.

Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung mendapatkan kesempatan mengikuti rangkaian kelas bisnis dan business matching untuk pelaku bisnis, sharing muamalah dengan para asatidz, sharing tentang parenting, juga disediakan area bermain yang kondusif untuk kreativitas anak-anak.

Bertepatan dengan momen Idul Adha, pengunjung juga bisa sekaligus bertransaksi hewan Qurban, tentunya dengan penawaran spesial. Satu lagi yang menjadi daya tarik pengunjung, khususnya yang sedang mencari pasangan hidup, bisa mengikuti program ta’aruf offline, langsung di lokasi pameran dengan bimbingan asatidz.

“Jika event ini sukses, maka kami akan jadikan agenda tahunan seperti kota-kota lainnya, dalam rangkaian roadshow Muslim LifeFair Goes to Muslim LifeFest,” pungkas Deddy Andu.

Gelaran Muslim LifeFest akan diselenggarakan di ICE BSD pada 30 Agustus hingga 1 September mendatang dan berkonjungsi dengan pameran berkonsep Bussiness to Bussiness (B2B) Jakarta Halal Expo & Conference.

Sebagai awal rangkaian roadshow Muslim LifeFair, agenda pameran ini akan kembali diselenggarakan di Bandung, tepatnya di Bandara Husein Sastranegara pada 4-6 Oktober 2024 dan Jakarta Convention Centre 27-29 Desember 2024.




Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi Raih Indonesia 10 Top Banker Awards 2024

Sebelumnya

Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E