Ilustrasi kulit wajah iritasi/Freepik
Ilustrasi kulit wajah iritasi/Freepik
KOMENTAR

KULIT wajah yang sensitif cenderung lebih mudah mengalami iritasi pada kulit.

Salah satu cara untuk menghindari iritasi pada kulit sensitive adalah berhati-hati dalam penggunaan kosmetik. Kita harus memperhatikan kandungan bahan kosmetik yang akan kita gunakan. Hal ini untuk mencegah terjadinya merah-merah dan gatal pada kulit.

Berikut ini 5 (lima) hal yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif agar terhindar dari iritasi.

1. Hindari Bahan Kosmetik yang Membuat Kulit Iritasi

Ada bahan tertentu dalam produk kosmetik yang membuat kulit menjadi iritasi. Bahan-bahan tersebut termasuk seperti solvent, rubbing alkohol, formaldehyde, sabun, dan aditif pewarna. Adapun dermatitis kontak akibat dari paparan bahan tersebut seperti muncul sebagai iritasi ringan, merah-merah, gatal, dan bahkan melepuh yang menyakitkan.

2. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Kosmetik

Setiap produk pasti memiliki jangka waktu bertahannya masing-masing. Sekalipun kita sangat menyukai produk kosmetik tertentu, kita harus membuangnya jika sudah lewat expired date-nya.

3. Gunakan Produk Kosmetik yang Padat

Pemilik kulit sensitif harus mempertimbangkan pembelian kosmetik yang berbentuk padat, seperti stick atau powder foundation. Dibanding dengan liquid foundation, stick atau powder foundation memiliki kadar air yang lebih sedikit untuk menampung bakteri dan kandungan pengawetnya pun lebih cenderung minim.

4. Pilih Makeup Base yang Lightweight

Produk kosmetik yang sangat berpigmen memiliki peluang yang lebih tinggi untuk membuat kulit menjadi kering. Karena itu, cobalah makeup base yang ringan seperti BB cream dibanding foundation terutama untuk kegunaan sehari-hari.

5. Rawat Kebersihan Alat Makeup

Kemungkinan besar dari penyebab kulit iritasi adalah kotornya aplikator makeup. Karena itu jangan malas membersihkan peralatan makeup setidaknya satu minggu sekali.

Sahabat Farah, jangan lupa untuk menggunakan alat makeup secara lembut agar kulit terhindar dari iritasi dan peradangan. Pilih produk berkualitas baik, seperti kuas dengan bulu yang super lembut, untuk meminimalkan kemungkinan iritasi pada kulit yang sensitif.




Step by Step Arabian Makeup yang Mudah untuk Diikuti

Sebelumnya

Kembali Jadi Tren, Ini Referensi 5 Padu Padan Rok Jeans untuk Tampilan Casual yang Feminin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA