Ilustrasi menggunakan krim antijerawat/Freepik
Ilustrasi menggunakan krim antijerawat/Freepik
KOMENTAR

HARI Lebaran semakin dekat namun jerawat datang tiba-tiba. Wah, kita tentu tidak ingin suasana keceriaan di hari raya terganggu dengan hadirnya jerawat yang membuat berkurangnya rasa percaya diri.

Bisakah kita mengempeskan jerawat dalam semalam? Berikut tipsnya, dirangkum dari sejumlah pendapat ahli medis.

Minyak esensial

Sejumlah minyak esensial memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Coba aplikasikan minyak kayu manis, mawar, lavender, cengkeh juga tea tree yang memang dikenal ampuh mengatasi jerawat.

Mudah saja, campurkan minyak esensial dan minyak pembawa lalu oleskan ke jerawat, bisa menggunakan kapas.

Krim antijerawat

Krim antijerawat umumnya mengandung bahan aktif asam salisilat, benzoyl, atau sulfur. Fungsinya adalah untuk menyedot minyak sekaligus mengatasi pori-pori tersumbat.

Alih-alih memencet jerawat yang justru bisa menambah peradangan dan membuat bekas jerawat sulit hilang, gunakan krimantijerawat.

Es batu

Penelitan American Academy of Dermatology Association menunjukkan bahwa es batu dapat mengempeskan jerawat dalam satu malam. Es batu harus dibungkus dengan kain bersih, lalu kompres bagian jerawat selama 5 hingga 10 menit. Berhenti dulu selama 10 menit sebelum mengompres kembali.

Acne patch

Untuk mengempeskan jerawat dalam waktu singkat, kita bisa memakai acne patch; perban kecil khusus jerawat. Acne patch memiliki kandungan hidrokoloid yang berfungsi menyerap dan menenangkan area kulit yang berjerawat, sekaligus menghentikan pertumbuhan bakteri.

Tempelkan acne patch semalaman, jerawat bisa mengecil dan mengering keesokan hari.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang memiliki sifat antimikroba dan menyembuhkan. Kita bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung ke kulit dan membiarkan semalaman. Bilas hingga bersih di pagi hari.

Oatmeal

Mungkin tak banyak orang tahu oatmeal adalah bahan alami yang dapat menyerap serta menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

Tak hanya untuk sarapan, kita mencampur oatmeal dengan air hangat, tunggu hingga dingin, lalu oleskan ke area jerawat. Biarkan hingga mengering.

Selamat mencoba!




Step by Step Arabian Makeup yang Mudah untuk Diikuti

Sebelumnya

Kembali Jadi Tren, Ini Referensi 5 Padu Padan Rok Jeans untuk Tampilan Casual yang Feminin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA