Cukup minum air putih untuk tetap fit saat puasa/Freepik
Cukup minum air putih untuk tetap fit saat puasa/Freepik
KOMENTAR

SAAT bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa yang selama lebih kurang 13 jam. Jika tidak cermat, puasa lebih dari separuh hari itu dapat menyebabkan tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Untuk menjaga asupan cairan tubuh tetap terjaga saat berpuasa, kita dapat menerapkan pola minum air putih yang disebut 2-4-2 berikut ini.

  • 2 gelas air putih saat berbuka puasa: Minum air putih sebelum makan dan sesudah makan saat berbuka puasa. Ini membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas.
  • 4 gelas air putih saat makan malam: Minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Ini membantu mengisi kebutuhan cairan tubuh yang lebih sedikit saat puasa.
  • 2 gelas air putih saat sahur: Minum air putih setidaknya dua gelas saat sahur. Bisa dibagi dengan satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan sahur.

Dengan menerapkan pola 2-4-2, kita dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa dan mencegah risiko dehidrasi. Untuk menambah stamina, kita juga dapat mengonsumsi minuman lain seperti air kelapa, teh manis, madu, dan jus buah.

Setelah seharian berpuasa, biasanya keinginan untuk mengonsumsi rasa manis akan meningkat, dan tentunya bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Perlu diingat untuk menghindari penggunaan pemanis buatan dan jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman manis.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health