5 dosen Universitas Binawan yang ikut Pengabdian Masyarakat Kolaborasi di Desa Margaluyu/Dok. Binawan
5 dosen Universitas Binawan yang ikut Pengabdian Masyarakat Kolaborasi di Desa Margaluyu/Dok. Binawan
KOMENTAR

UNIVERSITAS Binawan ikut serta berkolaborasi dengan 46 Perguruan Tinggi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat di desa wisata Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung pada tanggal 1-2 Maret 2024. Sebanyak 116 dosen ikut terlibat di di dalam kegiatan kolaborasi ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada 8 (delapan) kelompok Masyarakat yang ada di desa Margaluyu, yang terdiri dari kader posyandu, petani sayur mayur, peternak sapi perah, peternak lebah madu, pokdarwis, pelaku UMKM, nelayan keramba apung, serta guru-guru Taman Kanak-kanak, PAUD dan Sekolah Dasar.

Persiapan Pemberangkatan Peserta Pengabdian Masyarakat

Universitas Binawan memfokuskan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan penyuluhan berupa Pemberdayaan Kader dalam Mendukung Program Pencegahan Stunting pada Remaja di Desa Margaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Hal ini sebagai upaya pencegahan stunting, dari hulu yaitu dari masa prakonsepsi, melalui peningkatan pengetahuan kader di masyarakat untuk mengedukasi remaja di wilayahnya, di mana saat ini stunting masih menjadi masalah nasional di Indonesia.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan acara pembukaan di Balai Desa Margaluyu. Pemerintah desa Margaluyu yang diwakili Sekretaris Desa Iwan Turyana menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pemerintah desa mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa Margaluyu, baik di bidang kesehatan maupun perekonomian, melalui optimalisasi pemberdayaan masyarakat.

Dr. Sularso Budilaksono sebagai Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Kolaborasi dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini akan berlanjut untuk periode-periode selanjutnya, sehingga bisa mengotimalkan berbagai potensi yang ada di desa Margaluyu sebagai Desa Wisata.

Foto bersama Peserta Pengabdian Masyarakat

Perwakilan Universitas Binawan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 5 dosen. Mereka berada langsung di bawah koordinasi Direktur Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Universitas Binawan, Dr. Maryuni, Am.Keb, SKM, MKM, yang selama ini sangat fokus dan ikut serta berpartisipasi melakukan berbagai edukasi dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Adapun empat dosen perwakilan dari Universitas Binawan lainnya yaitu  Ns. Mochamad Robby Fajar Cahya, S.Kep., MSN., M.M,  Ns. Agung Setiyadi, S.Kep., MSN., M.M, Ns. Zakiyah, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J, dan  Irwanti Gustina, SST., Mkes.

Penyuluhan kepada masyarakat

Luaran kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah publikasi di media massa, publikasi artikel ilmiah di jurnal pengabdian masyarakat oleh masing-masing tim dan buku bunga rampai (book chapter). Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan terjalin silaturahmi dan kerja sama antara dosen antar-perguruan tinggi baik di bidang penulisan artikel ilmiah, seminar nasional, kompetisi hibah, pengabdian masyarakat internasional, dan Seminar Internasional.




Pengabdian Masyarakat Prodi Psikologi Universitas Binawan: Gelar Skrining dan Edukasi Kesehatan Mental Remaja di MA As-Syafi’iyah 01 Jakarta

Sebelumnya

“Reparasi” Pakaian Mengurangi Limbah Fesyen di Fashion Revolution Week Sejauh Mata Memandang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E