Konferensi pers Muslim Life Fair di Gren Alia, Jakarta Pusat (21/2)/Ist.
Konferensi pers Muslim Life Fair di Gren Alia, Jakarta Pusat (21/2)/Ist.
KOMENTAR

LIMA Event bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) akan menyelenggarakan Muslim Life Fair bertajuk “Pesta Keluarga Muslim” pada 8-10 Maret 2024 bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dipilihnya tajuk “Pesta Keluarga Muslim” berdasarkan pengalaman bahwa pengunjung keluarga mendominasi pameran Muslim Life Fair dalam dua tahun terakhir. Mengunjungi Muslim Life Fair menjadi sebuah aktivitas keluarga yang memperkuat bonding, menambah wawasan orang tua maupun anak, serta menjadi momen quality time yang menyenangkan dengan berbelanja dan makan bersama.

Menempati area seluas 4.000 m2, sebanyak 135 exhibitor dari Jabodetabek dan daerah lainnya siap menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari fashion & accessories, pendidikan islami, halal travel & umroh, halal herbal, wedding syar’i, kids & baby product, islamic book & publisher, halal cosmetic, multi product, hingga kuliner halal aman & sehat (KHAS).

Pameran Muslim Life Fair tahun ini adalah yang ketiga sejak pertama kali digelar pada 2022 dengan jumlah pengunjung lebih dari 20 ribu orang setiap tahunnya. Sebagai pameran gaya hidup syariah dan halal terbesar di Indonesia, Muslim Life Fair 2024 menjadi one-stop solution bagi keluarga muslim dalam memenuhi kebutuhan sekaligus mengupgrade ilmu dalam menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Bulan Ramadan memang menjadi momen spesial di mana kaum muslimin berlomba-lomba dalam kebaikan dan berbagi kebahagiaan. Bisa dipahami jika antusiasme menyambut bulan suci, kerap ditandai dengan skalasi belanja masyarakat yang cenderung mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Mandiri Spending Index, indeks nilai belanja hingga April 2023 yang bertepatan dengan bulan Ramadan 2023 mencatat angka sebesar 156,7. Jumlah ini mengalami kenaikan dari 136,4 pada akhir Maret 2023.

Melihat potensi tersebut, General Manager Lima Event, Ilham Pradipta optimis kenaikan belanja masyarakat juga dapat terjadi pada Ramadan 2024.

“Menjelang dan memasuki bulan suci Ramadan, kebutuhan keluarga muslim akan meningkat. Hadirnya Muslim Life Fair diharapkan menjadi momentum bagi keluarga muslim memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran. Dengan begitu, selama bulan suci, masyarakat muslim bisa fokus beribadah,” ujar Ilham Pradipta.

Untuk menarik perhatian pengunjung, pihaknya akan memberikan berbagai penawaran menarik di Muslim Life Fair 2024 seperti bazaar murah, flash sale, hingga tebus murah Rp 5.000 untuk beragam produk.

Selain bazaar produk muslim, Muslim Life Fair kali ini juga semakin semarak dengan berbagai rangkaian acara menarik seperti bincang santai mengenai parenting bersama para ahli di bidangnya. Ada juga bincang keluarga Islami bersama para asatidz seperti Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah, dan Ustadz Nuzul Dzikri.

Selain itu, hadir kembali program existing Serlok Kuliner- bersama dengan Uki Kautsar dan Reda Samudera yang akan menyuguhkan obrolan hangat seputar bisnis kuliner sambil menyantap hidangan kuliner halal, aman dan lezat di area multi produk.

Bagi keluarga muslim yang membawa anak tak perlu khawatir karena Muslim Life Fair juga menyediakan berbagai wahana menghibur nan edukatif. Salah satunya adalah playground yang menyajikan sejumlah kelas eksperimen seperti volcano eruption, paining gypsum dan surprise fizzy egg.

Untuk meningkatkan kemampuan anak demi membangun generasi masa depan Islam yang lebih baik, Muslim Life Fair 2024 juga menyelenggarakan berbagai kompetisi dengan hadiah menarik. Salah satunya adalah lomba MHQ (Musabaqoh Hifdzil Quran). Bagi penggemar olahraga ekstrem, ada pula kegiatan wall climbing yang amat sayang untuk dilewatkan.

Dengan hadirnya beragam kegiatan, Ilham menyatakan optimismenya akan pelaksanaan Muslim Life Fair yang akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

“Sebagai one stop solution keluarga muslim mengupgrade diri dan memenuhi kebutuhan menyambut bulan Ramadan, kami optimis jumlah pengunjung Muslim Life Fair 2024 mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Insya Allah sebanyak 30.000 orang akan memenuhi gelaran ini," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Gren Alia, Jakarta Pusat (21/2).

Turut mendukung acara ini yaitu SiSeSa Water yang menjadi official mineral water Muslim Life Fair. Menariknya, SiSeSa Water merupakan lini usaha baru dari tiga bersaudara Siriz, Senaz, dan Sansa yang lebih dulu dikenal dengan muslim fashion brand Si.Se.Sa.

Salah satu owner dari loyal tenant yang rutin ambil bagian dalam Muslim Life Fair adalah Teuku Wisnu. Berawal dari Nabawi Herbal, Wisnu juga mengikutsertakan dua brand lain miliknya yaitu HF Gold dan Gerai Hawa. Diakui Wisnu, traffic penjualan yang sangat tinggi di Muslim Life Fair membuatnya tak pernah absen mengisi bazar.

Pun sebagai ayah dari tiga anak, Wisnu juga melihat Muslim Life Fair menjadi tempat liburan lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan berbelanja produk halal terbaru, juga menjadi ajang untuk menimba ilmu yang diberikan para ustadz/ustadzah.

Muslim Life Fair 2024 juga menjadi rangkaian dari Road To Muslim Life Fest yang akan diselenggarakan di ICE BSD Tangerang (30 Agustus - 1 September 2024) kemudian dilanjutkan dengan acara penutup berupa Pesta Anak Muslim (Jakarta Convention Centre, 27-29 Desember 2024).

Jakarta Halal Expo & Conference Siap Berkonjungsi di Muslim Lifefest Agustus 2024

Untuk memperkuat ekosistem halal dan meningkatkan eskalasi industri halal, ekonomi dan keuangan syariah, KPMI bersama dengan Lima Events  siap meluncurkan event Jakarta Halal Expo and Conference exhibition (JHEC) yang rencananya akan berkonjungsi dengan Muslim Life Fest di ICE BSD, pada 30 Agustus sampai 1 September 2024. Berkonsep Bussiness to Bussiness (B2B), JHEC akan menjadi event bisnis yang mempertemukan buyer dan seller berskala internasional.

“JHEC ini akan menjadi oase para pelaku bisnis dalam meningkatkan jejaring dan memperkuat kapasitas manajemen bisnisnya yang berskala global. Selain pameran dagang multiproduk yang terkurasi kualitasnya, kami juga akan mengadakan serangkaian acara konferensi bisnis, seminar, worshop, business matchmaking dan misi datang antar negara,” papar Ketua KPMI Pusat Rachmat Sutarnas Marpaung.

Perkembangan situasi global yang sulit diprediksi, diakui Rachmat Marpaung, pelaku bisnis di industri halal memang harus siap beradaptasi, tidak hanya melihat peluang, tetapi juga harus memiliki ketahanan yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah yang setiap saat terjadi.

“Selama JHEC, kami berikhitiar meningkatkan kolaborasi dan kerja sama melalui forum-forum bisnis dari berbagai sektor. Diantaranya Halal Food & Beverage Forum, Moslem Modest Fashion Forum, General Business Forum, Halal Cosmetic & Pharmaceutical Forum, Moslem Friendly Travel Forum, Sustainable Agriculture, Islamic Finance (Fintech Start-up and Digital Banking Forum),” ungkapnya.




Pengabdian Masyarakat Prodi Psikologi Universitas Binawan: Gelar Skrining dan Edukasi Kesehatan Mental Remaja di MA As-Syafi’iyah 01 Jakarta

Sebelumnya

“Reparasi” Pakaian Mengurangi Limbah Fesyen di Fashion Revolution Week Sejauh Mata Memandang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E