Luisa Yu menempuh lebih dari 1 juta kilometer selama berkeliling dunia/Instagram @luisa_yu14
Luisa Yu menempuh lebih dari 1 juta kilometer selama berkeliling dunia/Instagram @luisa_yu14
KOMENTAR

NAMA Luisa Yu yang merupakan warga Miami, Amerika Serikat telah mewujudkan impian seumur hidupnya untuk bepergian keliling dunia.

Di usia 79 tahun, Luisa telah bepergian ke 193 negara. Serbia menjadi negara terakhir yang ia kunjungi, menandai berakhirnya tur dunianya di tahun 2023. Dalam perjalanannya keliling dunia, dia telah menempuh jarak penerbangan lebih dari satu juta kilometer!

Luisa lahir di Filipina dan tiba di St. Louis sebagai siswa pertukaran. Dia kemudian memutuskan untuk pindah ke Miami, mencari cuaca yang lebih hangat. Luisa mengaku mencintai Miami dan telah menetap di sana lebih dari 50 tahun.

Kecintaannya terhadap traveling dimulai pada awal usia 20-an, ketika dia memutuskan untuk menjelajahi negara barunya.

“Saya bepergian ke seluruh Amerika Serikat, hampir ke 45 negara bagian,” kata Luisa saat diwawancarai NBC6 beberapa waktu lalu.

Selama 50 tahun berikutnya, Yu mengunjungi sebanyak mungkin negara dan bertemu banyak orang dari berbagai usia yang dengan penuh kasih sayang memanggilnya “mama”.

“Mereka memanggil saya mama karena saya yang tertua sementara mereka masih muda,” katanya sambil tersenyum.

Banyak teman yang ia dapatkan selama bertahun-tahun berkeliling dunia meyakinkannya untuk menjadikan Serbia sebagai negara terakhir dalam daftarnya.

“Mereka berkata, silakan lakukan perjalanan terakhir Anda ke Serbia, kami akan mengadakan pesta untuk Anda. Dan benar, ketika saya keluar dari bandara, ada orang-orang yang bertepuk tangan dan bersorak,” kenang Luisa.

Berkeliling dunia membuatnya sulit untuk memilih negara favorit. Tapi beberapa favoritnya adalah Italia, Filipina, dan Thailand.

“Jangan takut, pergi saja. Jangan menunggu siapa pun, karena jika Anda menunggu, hal itu tidak akan pernah terjadi,” pesan Luisa kepada mereka yang ingin berpetualang dan mengisi hidup dengan pengalaman yang luar biasa.

Tidak sekadar berkeliling dunia, Luisa bahkan meraih penghargaan untuk apa yang dilakukannya. Pada tahun 2022, dia memenangkan Nomad Mania Award sebagai traveler paling positif dan Global Explorer, Most Adventure Explorer Award dari Filipina.

Menjelang usia 80 tahun, Luisa merasa bahagia atas apa yang telah dia capai dalam hidupnya.

“Saya berhasil mewujudkan impian saya untuk membeli rumah sendiri dan bepergian sendiri. Saya berterima kasih kepada semua orang yang begitu baik kepada saya,” pungkasnya.




Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Sebelumnya

Bukan Salah Kartini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women