Momen libur keluarga di akhir tahun/Freepik
Momen libur keluarga di akhir tahun/Freepik
KOMENTAR

MOMEN libur akhir tahun biasanya diwarnai transaksi keuangan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya, terutama untuk keperluan pariwisata, termasuk booking akomodasi, transportasi, hingga aktivitas kuliner. Dan tentu saja, transaksi keuangan secara mobile menjadi andalan.

Menurut data yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), jumlah uang kartal yang beredar selama periode Nataru tahun ini mencapai Rp130,37 triliun. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 11 persen dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp117,7 triliun.

Peningkatan signifikan juga terlihat pada penggunaan aktivitas belanja masyarakat. Terlihat sales volume Syariah Card (kartu pembiayaan atau kartu kredit syariah) selama bulan Desember yang melonjak hingga 50 persen dibandingkan bulan November.

Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati menyampaikan bahwa penggunaan Syariah Card terbanyak selama Desember terdapat di merchant kategori retail & marketplace, diikuti oleh clothing & apparel serta restaurant.

“Peningkatan jumlah ini mencerminkan kepercayaan nasabah kami dalam memilih solusi keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, serta keserbagunaan kartu kami dalam mendukung kebutuhan belanja mereka,” ungkap Eva.

Selain berbelanja dengan Syariah Card, nasabah juga semakin cenderung mengandalkan kemudahan dan keamanan layanan digital. Digitalisasi di bank syariah yang terus berkembang membuat nasabah semakin nyaman dalam melakukan aktivitas perbankan.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, Bank Mega Syariah mencatatkan kenaikan aktivitas transaksi melalui aplikasi mobile banking M-Syariah yang meningkat 24 persen dari rata-rata transaksi harian di bulan Desember 2023. Fitur M-Syariah yang paling diminati selama periode tersebut adalah layanan transfer  yang mencatatkan persentase transaksi tertinggi.

Dijelaskan Benadicto Alvonzo Ferary, Digital Business and Product Management Division Head Bank Mega Syariah, nasabah dapat dengan mudah dan cepat melakukan berbagai transaksi keuangan melalui aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah yaitu M-Syariah.

Melalui M-Syariah, nasabah dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan fitur QRIS. Selain itu, nasabah juga bisa isi saldo dompet digital seperti Shopeepay, Gopay, OVO, Dana dan Linkaja.

“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, Bank Mega Syariah berkomitmen untuk memperkuat pengalaman digital melalui inovasi dan digitalisasi, memastikan nasabah dapat menikmati kenyamanan dan kemudahan dalam setiap transaksi,” kata Benadicto.

Peningkatan transaksi M-Syariah selama momen libur akhir tahun turut berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan bank yang bersumber dari biaya atau fee based income. Total fee based income yang diperoleh pada periode 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 naik 22 persen dari rata-rata fee based harian di bulan Desember

Selain menghadirkan solusi layanan finansial, mobile banking M-Syariah juga dilengkapi fitur Islami seperti ZISWAF, Arah Kiblat, Masjid Terdekat dan Jadwal Sholat.

“Kami akan terus menghadirkan layanan terbaru dan inovatif ke depan,” pungkas Benadicto.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family