Belajar budaya Korea langsung di negaranya/istockphoto
Belajar budaya Korea langsung di negaranya/istockphoto
KOMENTAR

KOREA Selatan meluncurkan jenis visa perjalanan baru di Januari 2024 lalu, yang dikenal sebagai visa Hallyu atau “visa pelatihan K-culture”, yang dirancang untuk penggemar budaya Korea Selatan.

Berdasarkan minat terhadap dunia hiburan Korea Selatan seperti K-Pop, K-drama, K-film dan budaya yang terus mengalami peningkatan di seluruh dunia dari tahun ke tahun. Oleh karena itu Pemerintah Korea Selatan memanfaatkan tingginya antusiasme terhadap K-pop dan K-drama merupakan Langkah strategis.

Industri K-pop senilai $10 miliar merupakan landasan perekonomian Korea Selatan, yang secara signifikan mempengaruhi PDB. Sektor pariwisata di negara ini, yang mengalami pemulihan pasca pandemi COVID-19, diperkirakan oleh Dewan Perjalanan dan Pariwisata Dunia akan tumbuh sebesar 4,8% setiap tahun hingga tahun 2032, melampaui perkiraan tingkat pertumbuhan perekonomian nasional.

Seperti dilansir Forbes, visa ini mengizinkan warga non-Korea yang terdaftar di akademi seni pertunjukkan lokal untuk tinggal di negara tersebut hingga dua tahun. Hallyu atau “Gelombang Korea”, mewakili pengakuan internasional atas ekspor budaya Korea Selatan, termasuk musik K-pop, drama, film, dan seni lainnya.

Diketahui bahwa Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata yang mendorong inisiatif ini. Memandang seni sebagai hal yang sangat penting untuk mendorong inisiatif ini, memandang seni sebagai hal yang sangat penting untuk mendorong gelombang K-culture berikutnya.

Kementerian berkomitmen untuk mendukung seniman dan penulis muda dan bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung melalui inisiatif seperti “K Tourism Road Show” yang direncanakan untuk negara-negara seperti Amerika Serikat dan Swedia.

Meskipun persyaratan spesifik untuk visa K-Culture masih dirahasiakan, rincian lebih lanjut diperkirakan akan diumumkan pada parah kedua tahun 2024, namun syarat yang sudah dikonfirmasi adalah pengunjung wajib terdaftar di Instusi Pendidikan berbasis hiburan.

Melalui visa Hallyu ini akan lebih memudahkan pemilik visa untuk belajar lebih dalam tentang budaya dan industry hiburan di negeri Ginseng tersebut. Dan dengan adanya visa Hallyu akan memungkinkan lebih banyak lagi orang asing yang tertarik ke Korea untuk belajar dan tinggal di sana.




Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Sebelumnya

Manis Istimewa Kurma Ajwa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon