Waad al-Kateab berbicara di forum PBB tentang derita rakyat korban perang di Suriah/X @waadalkateab
Waad al-Kateab berbicara di forum PBB tentang derita rakyat korban perang di Suriah/X @waadalkateab
KOMENTAR

WAAD AL-KATEAB adalah nama samaran seorang jurnalis, pembuat film, dan aktivis Suriah.

Film dokumenternya, For Sama, dinominasikan untuk empat BAFTA di British Academy Film Awards ke-73, memenangkan Film Dokumenter Terbaik, dan juga dinominasikan untuk Fitur Dokumenter Terbaik di Academy Awards ke-92

Waad al-Kateab mengalami tahun yang penting di tahun 2019. Setelah menerima Prix L'OEil d'Or yang didambakan di Festival Film Cannes dan empat nominasi yang mengejutkan di British Academy of Film and Television Arts Awards—yang mana ia dengan penuh kemenangan membawa pulang penghargaan untuk Film Dokumenter Terbaik—al-Kateab menerima penghargaan tertinggi dalam sinema: nominasi Academy Award.

Membuat debutnya di karpet merah Hollywood di Oscar dengan kreasi desainer Suriah Reem Masri, gaun al-Kateab menampilkan pesan “Kami berani bermimpi dan kami tidak akan menyesali martabat” dalam kaligrafi Arab, yang merangkum sekilas emosi dan menggugah pikiran seputar kehidupannya di bawah bayang-bayang perang di Aleppo yang dia persembahkan kepada dunia melalui For Sama.

Menetap di London bersama keluarganya, Aleppo merupakan kampung halaman al-Kateab. Dari film dokumenter For Sama, al-Kateab melanjutkan kontribusi untuk masyarakat Suriah dengan menginisiasi Action for Sama, sebuah gerakan dengan tagline “Raising voices, building empathy, seeking accountability”.

Dalam laman resmi Action for Sama, al-Kateab menulis harapannya.

Saya sangat terkesan dengan reaksi positif dari orang-orang di seluruh dunia yang menyukai film saya For Sama, terkait dengan pengalaman saya sebagai seorang perempuan dan ibu, dan ingin berbuat lebih banyak.

Hal ini memberi saya dorongan besar untuk bekerja lebih keras dan menggunakan film dokumenter ini untuk menciptakan kesadaran dan mendorong akuntabilitas atas kejahatan perang.

Itu sebabnya saya membuat Action for Sama, untuk mengubah reaksi luar biasa terhadap film saya menjadi aksi positif bagi orang-orang yang tinggal di wilayah yang dikuasai oposisi di Suriah.

Film saya dan perhatian yang dikumpulkannya berpotensi melibatkan jutaan orang di seluruh dunia dengan kisah nyata warga sipil dan revolusi damai yang dihancurkan dengan kekerasan.

Saya ingin menyebarkan kesadaran akan penderitaan mereka yang hidup di bawah pemboman dan mendukung kepahlawanan masyarakat sipil Suriah.

Di tahun 2023, al-Kateab kembali menggebrak dengan film dokumenter We Dare to Dream. Kali ini, al-Kateab mengisahkan perjuangan para atlet Suriah yang berkompetisi di Olimpiade Tokyo.




Raih 124 Penghargaan dari Dalam dan Luar Negeri, dr. Ayu Widyaningrum Siap Cetak Rekor MURI Bidang Estetika dan Dermatologi

Sebelumnya

Nancy Adistyasari Raih Penghargaan "Most Outstanding Women 2024" di Bidang Perbankan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women