Melirik potensi bisnis laundry sepatu/Freepik
Melirik potensi bisnis laundry sepatu/Freepik
KOMENTAR

BUKAN hanya pakaian, bisnis laundry sepatu pun semakin banyak ditemui.

Mencuci sepatu terbilang gampang-gampang susah. Jika kita salah memakai cairan pembersih, atau kita menggunakan terlalu banyak air, bukan tak mungkin kulit sepatu akan cepat terkelupas dan sepatu pun menjadi mudah rusak.

Kita juga harus memperhatikan betul material sepatu karena cara mencuci akan berbeda antara sepatu berbahan kanvas, kulit, atau beludru.

Tak heran bila kita melihat ada sejumlah usaha laundry sepatu mulai menjamur karena kebutuhan dan minat masyarakat semakin bertambah.

Bagi Sahabat Farah yang ingin memulai bisnis laundry sepatu, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertama, lakukan survei pasar sebelum membuka laundry sepatu. Salah satu tempat strategis adalah area di dekat kampus juga area yang banyak terdapat rumah kos atau apartemen.

Kedua, lakukan survei harga di beberapa laundry sepatu, pilihlah harga yang ‘sedang-sedang saja’ alias tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah.

Ketiga, pastikan kita dan pegawai yang nantinya membersihkan sepatu pelanggan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik tentang teknik membersihkan sepatu.

Keempat, pastikan kita memiliki cairan pembersih dan peralatan yang lengkap untuk mencuci sepatu tanpa merusaknya. Ingat bahwa kualitas adalah hal prioritas yang harus dijaga.

Kelima, pilih bisnis franchise laundry sepatu yang sudah dikenal masyarakat jika memang ingin berbisnis dengan cara lebih ‘praktis’ karena kita tidak pusing memikirkan branding.

Jika hasil pekerjaan kita bagus, sudah pasti promosi gratis dari mulut ke mulut akan membuat bisnis laundry sepatu kita bisa bertahan lama, dan tentunya cuan!




Baru Memulai Bisnis UMKM, Ini Manajemen Keuangan yang Bisa Kamu Lakukan

Sebelumnya

Bikin Suasana Tidak Nyaman, Ini 3 Ciri ‘Agak Laen’ Orang yang Overconfident

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family