Menlu Retno Marsudi berbicara di hadapan sidang APEC Ministerial Meeting di San Francisco (14/11)/Instagram @retno_marsudi
Menlu Retno Marsudi berbicara di hadapan sidang APEC Ministerial Meeting di San Francisco (14/11)/Instagram @retno_marsudi
KOMENTAR

DELEGASI menteri luar negeri anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) termasuk Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi siap bertemu Menteri Luar Negeri China Wang Yi guna membahas konflik Gaza. Pertemuan dijadwalkan pada 20-21 November di Beijing.

Penelusuran Farah.id menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi mandat oleh OKI untuk bisa mengupayakan solusi penghentian perang di Gaza atas nama OKI dan Liga Arab.

Hal itu berdasarkan resolusi KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi pada 11 November yang memberi mandat pada Indonesia, Arab Saudi, Mesir, Qatar, Yordania, Nigeria, dan Turki untuk segera melakukan upaya mewujudkan perdamaian Palestina-Israel.

Dilansir ANTARA (20/11), selain Menlu Retno Beijing juga mengundang anggota delegasi lain yaitu Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha, Menlu Palestina Riyad Al-Maliki, Menlu Mesir Sameh Shoukry, Menlu Yordania Ayman Safadi, dan Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud.

Juru bicara Kemenlu China Mao Ning dalam keterangannya menyebutkan bahwa China akan berkomunikasi dan berkoordinasi mendalam dengan delegasi tentang cara meredakan konflik Palestina Israel, agar dapat melindungi warga sipil, dan mengusahakan penyelesaian yang adil dalam permasalahan Palestina.

OKI telah mengecam pemindahan paksa 1,5 juta penduduk Palestina ke Selatan Gaza yang terbukti sebagai kejahatan perang sesuai Konvensi Jenewa ke-4. OKI juga telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera bertindak dan menghasilkan resolusi mengakhiri kekejaman Israel di Gaza dan mematuhi hukum internasional.




Bikin Romantis, Negara Dongeng Republik Naminara di Korea

Sebelumnya

Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News