Suasana di pembukaan Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9)/Farah
Suasana di pembukaan Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9)/Farah
KOMENTAR

GELARAN Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, 20 hingga 24 September 2023 resmi dibuka. Pameran buku terbesar se-Asia Tenggara ini menampilkan 77 perusahaan penerbit buku dan 33 perusahaan multiproduk. Mereka akan menempati 191 stan pameran.

Acara yang digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta ini adalah untuk tahun ke-21. Ketua IKAPI DKI Jakarta Hikmat Kurnia mengatakan Islamic Book Fair diselenggarakan untuk memberikan nilai positif kepada generasi penerus bangsa lewat literasi Islamiah yang bisa diwariskan secara turun temurun.

“Tahun ini kita mengambil tema Berahlak dan Berprestasi dengan Literasi Islami. Kita ingin membangun pondasi yang baik untuk lahirnya bangsa yang hebat dan peradaban yang kuat. Sebuah peradaban yang akan menjadi rahmatan lil alamin bagi seluruh warga bangsa ini,” kata Hikmat saat membuka gelaran Islamic Book Fair (IBF) 2023 di Istora Senayan, Rabu (20/9).

IBF 2023 tidak hanya menggelar pameran buku, tetapi juga menampilkan sejumlah acara di arena kegiatan. Untuk hari ini, akan ada lomba marawis nasional yang diikuti oleh santri-santri dari sejumlah pesantren.

Kemudian, ada pula talkshow mengenai pencegahan perundungan (bullying) bagi para pelajar. Di sini akan dibahas bagaimana cara untuk menghindari bullying dan sikap yang harus diambil saat melihat korban perundungan. Talkshow ini akan dipandu oleh Ketua KPAI Pusat Ai Maryati Solihah dan Psikolog Remaja/Penulis Buku Panduan Anti Bullying Wikan Putri Larasati.

Selanjutnya, ada Dr Aisah Dahlan, CHMt, CM NLP, seorang praktisi neuparenting yang akan membahas tentang the power of self healing, yaitu sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi. Self healing termasuk teknik yang dilakukan ketika terjadi gangguan psikologis. Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga.

Syaikh Ahmad Kamaly l Mishry, Syaikh Ishom Yusuf, dan Ustad Zamzami, Lc juga akan mengenalkan metode Nurul Bayan, yaitu metode termudah dan tercepat dalam belajar dan mengajarkan membaca Al-Qur’an sekaligus mempelajari bahasa Arab.

Dan di sesi terakhir hari ini ada Unluck Your Power Within mencapai prestasi puncang dengan self healing serta terapi tapping yang dipandu oleh Yuyun Wardhana, CMEFT, Anna Ummu Azizah, Erros Djarot, serta Sedy Henika.

Islamic Book Fair 2023 disponsori oleh Bank Syariah Indonesia dengan Farah.id sebagai salah satu media partner.




CERDIK Beraktivitas Usai Libur Lebaran

Sebelumnya

Korea Selatan Impor Siswa dari Empat Negara Imbas Tingkat Kelahiran yang Terus Menurun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News