Ratu Elizabeth, bersama putranya Pangeran Charles dan Camilla, bersama anak dan cucu di balkon Istana  Buckingham/NET
Ratu Elizabeth, bersama putranya Pangeran Charles dan Camilla, bersama anak dan cucu di balkon Istana Buckingham/NET
KOMENTAR

SATU TAHUN sejak kematian Ratu Elizabeth II anak sulungnya, Charles kini bertakhta jadi raja di usia 73 tahun. 

Memiliki keturunan dari lingkungan kerajaan, rupanya jadi pembahasan menarik bagi publik untuk mengetahui lebih jauh kehidupan Carles. 

Sejak lahir dan besar dikenal sebagai sosok yang manja. Sehingga julukan 'pangeran yang manja' pun melekat seumur hidupnya. Hal ini karena Charels selalu dilayani oleh pelayan. 

Clarence House mengungkapkan sisi kehidupan mantan Pangeran Wales tersebut semasa kecil yang memiliki permintaan yang sering merepotkan seisi kerajaan masa itu.  

Dalam film dokumenter berjudul Serving the Royals: Inside the Firm yang tayang di Amazon Prime jadi saksi nyata kehidupan Charles melalui pengalaman yang pernah bekerja sebagai pelayan pribadi Putri Diana dan Ratu Elizabeth II, Paul Burrell. 

"Raja Charles punya sejumlah kebiasaan aneh," katanya. 

Dia menceritakaan kebiasaan aneh itu tiap hari harus dilakukan Paul. Salah satunya pakain piyama disetrika setiap pagi, tali sepatunya juga disetrika, penutup air di bathtub harus dalam posisi tertentu, dan suhu air disukai Charles harus hangat.

Raja yang memiliki dua anak kandung itu bahkan meminta pelayannya menaruh satu inci odol ke sikat giginya setiap pagi.

Soal makanan, Charles juga punya permintaan khusus. Dia juga dilaporkan selalu membawa 'kotak sarapan' mewahnya ke mana pun dia pergi, menurut koki Graham Newbould, mantan anggota staf kerajaan.

Saat tidak rumah, Charles juga memiliki syarat traveling yang merepotkan sejak dia masih berstatus sebagai seorang pangeran, seperti selalu membawa dudukan toiletnya sendiri dan tisu toilet merek tertentu selama traveling.

Jurnalis yang juga sahabat dari Putri Diana, Tina Brown membongkar fakta lain tentang Raja Charles dalam bukunya The Palace Papers.

Dia merinci bagaimana Raja yang baru ini diduga mengirim sebuah mobil van berisi barang pribadinya ke rumah pedesaan milik temannya, tempat dia akan menginap. Di dalam mobil van itu terdapat tempat tidur ortopedi, sejumlah furniture, kursi toilet, dan kertas toilet merek tertentu.

Dalam buku 'Rebel Prince: The Power, Passion and Defiance of Prince Charles', penulis Tom Bower mengungkap bahwa Charles bisa berganti pakaian hingga lima kali dalam sehari dengan dibantu pelayannya.  




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News