Dengan beasiswa ADik Difabel, para penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi/Net
Dengan beasiswa ADik Difabel, para penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi/Net
KOMENTAR

KABAR gembira untuk adik-adik penyandang disabilitas. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbudristek)  membuka kembali pendaftaran beasiswa afirmasi pendidikan tinggi (ADik Difabel) 2023.

Beasiswa dari pemerintah ini menyasar seluruh masyarakat Indonesia, termasuk orang asli Papua, daerah khusus 3T, dan anak-anak TKI Malaysia. Pendaftaran dibuka mulai 6 September hingga 15 Oktober 2023.

Adapun persyaratan mengajukan Beasiswa ADik Difabel telah dimuat dalam UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Yaitu, setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya, berdasarkan kesamaan hak.

Lalu, apa saja syaratnya?

  1. Penyandang disabilitas dibuktikandengan surat keterangan dari lembaga atau profesi yang memiliki kompetensi dalam menilai status penyandang disabilitas.
  2. Mahasiswa baru dari seluruh jalur seleksi perguruan tinggi yang terakreditasi.
  3. Mahasiswa on-going diperkenankan mendaftar dengan syarat maksimal semester 3 dan dalam kondisi tertentu.
  4. Bukan penerima beasiswa atau bantuan jenis lain yang bersumber dari APBN.

Untuk komponen bantuannya adalah mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga biaya bantuan peralatan. Untuk besarannya, disesuaikan dengan besaran rata-rata biaya pendidikan mahasiswa non-ADik dan non-KIP Kuliah. Juga, disesuaikan dengan akreditasi program studi yang dipilih penerima.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Program studi terakreditasi A (pendidikan kedokteran umum, kedokteran gigi, dokter hewan) beasiswanya antara Rp2.400.000 hingga Rp12.000.000 per semester.
  • Program studi terakreditasi B, besarannya Rp2.400.000 sampai Rp4.000.000.
  • Program studi terakreditasi C mendapat bantuan Rp2.400.000 per semester.

Beasiswa ADik Difabel juga memberikan biaya hidup sebesar Rp7.500.000 setiap semester yang langsung dimasukkan ke rekening penerima, dengan besaran maksimal Rp5.000.000.

Untuk info lengkapnya, silahkan kunjungi laman ADik Kemendikbud atau kampus terkait untuk diverifikasi dan diajukan guna memperoleh beasiswa ini.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News