Karya-karya delapan desainer Indonesia melenggang di Paris Front Row dalam rangkaian IN2MOTIONFEST yang didukung penuh oleh Bank Indonesia dan Kemenkop UKM RI/Ist
Karya-karya delapan desainer Indonesia melenggang di Paris Front Row dalam rangkaian IN2MOTIONFEST yang didukung penuh oleh Bank Indonesia dan Kemenkop UKM RI/Ist
KOMENTAR

BANK Indonesia (BI) bersama sejumlah kementerian Republik Indonesia (RI), memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Indonesia Internasional Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) yang diselenggarakan Indonesia Fashion Chamber (IFC) di Paris, 2 September 2023.

Dukungan diberikan dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi nasional serta keuangan Syariah. Adapun kementerian yang turut terlibat adalah Kementerian Koperasi dan UKM, juga Kedutaan Besar RI di Paris.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, menekankan agar IN2MOTIONFEST tidak hanya menampilkan kekayaan produk modest fashion Indonesia, tetapi juga gaya hidup halal Indonesia ke pasar global untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai hub industri halal global.

Upaya sinergi ini diharapkan akan membuka akses global, mengoptimalkan potensi Indonesia yang besar untuk menjadi produsen produk halal, dan memperkuat perannya sebagai pelaku usaha global.

“Indonesia kini berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal, menawarkan beragam produk dan layanan halal, dan modest fashion juga telah berkembang menjadi salah satu bidang utamanya. Afirmasi ini didukung laporan State Global Islamic Economy Report 2022, yang menunjukkan Indonesia ada di peringkat 3 dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki, dalam sektor modest fashion,” ujar Juda Agung.

Sementara itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Prancis Mohamad Oemar menyampaikan, Indonesia sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia, berkomitmen untuk menjadi pusat modest fashion dunia. Sinergi bersama BI dan Kemenkop UKM, IFC serta seluruh penggiat mode Indonesia, akan mengangkat IN2MOTIONFEST semakin berkibar di panggung mode dunia.

“Selain keunggulan wastra Indonesia yang kaya inspirasi, kontribusi generasi muda dalam menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan keberlanjutan modest fashion Indonesa, menjadi aspek utama terwujudnya harapan itu dengan cepat. Acara ini juga bisa menjadi pemersatu, bahwa fesyen adalah bahasa universal,” ucap Oemar.

Potensi pasar modest fashion Indonesia tidak hanya diakui oleh negara-negara mayoritas muslim, tetapi juga oleh Tiongkok, Singapura, Jepang, dan Eropa. Permintaan produk halal yang menjanjikan di kalangan komunitas muslim di sektor fesyen ini telah menjadi katalis besar bagi munculnya tren modest fashion di seluruh dunia.

Di Paris, IN2MOTIONFEST menghadirkan koleksi spring summer 2024 dari delapan desainer Indonesia, yaitu Syukriah Rusydi, Sanet Sabintang, Wening Angga, Thiffa Qaitsy, Khanaan, Kami. Dan Anggia Handmade. Ada pula kreasi dari desainer berpenggalaman Indonesia, Itang Yunasz.

Seluruh karya mengangkat keanekaragaman tekstil Indonesia, seperti batik, songket, tenun ikat, dan kain tenun tradisional.

Sejak awal tahun, IN2MOTIONFEST telah terselenggara di beberapa kota besar yaitu Dubai, Daegu, Pretoria, dan Paris.




Ikatan Penerbit Indonesia Dukung Peluncuran Buku Pemenang Lomba Menulis Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2023

Sebelumnya

Kumala Academy Siap Mencetak Pebisnis Hospitality dan F&B yang Handal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E